Apel Besar

Apel Besar

Comments Off on Apel Besar

APEL BESAR DI MAKODIM

 

apel2Ponorogo – Minggu (9/10/2016) di Lapangan Makodim 0802 Ponorogo diadakan Apel Besar dalam Rangka Pengurangan Resiko Bencana.  Apel tersebut diikuti oleh TNI/Polri, Forpimda, Kepala SKPD,Masyarakat  dan Relawan kurang lebih 1000 personil.

Dalam sambutannya Bupati Ipong Muchlissoni mengatakan,”berbicara bencana alam seperti yang kita rasakan saat ini, terdapat kecenderungnya semakin banyaknya jumlah kejadian bencana, dari data yang ada secara nasional menunjukkan jumlah kejadian bencana dari tahun ke tahun semakin meningkat dan hampir 80%  merupakan bencana  hidrometeorologi atau bencana yang disebabkan oleh faktor air dan cuaca seperti banjir, kekeringan, kebakaran hutan dan lahan. Bencana hidrometeorologi semakin meningkat seiring berubahnya iklim global. Pada tahun 2016 di Indonesia khususnya di Pulau Jawa sepanjang tahun terjadi hujan terus menerus tanpa mengalami musim kemarau, hal ini menyebabkan banjir dan mengganggu siklus bercocok tanam sehingga merugikan masyarakat. Kerugian ekonomi yang diakibatkan oleh bencana tersebut juga mengalami peningkatan, hal ini akan mengurangi kemampuan masyarakat secara ekonomi dan menjadi beban pemerintah karena kerusakan – kerusakan infrastruktur akibat bencana. Untuk itu untuk mengurangi resiko kerugian dari bencana yang akan datang pemerintah perlu mempromosikan Gerakan Nasional Pengurangan Resiko Bencana. Gerakan ini akan dibangun dari tingkat bawah dengan membangun ketangguhan masyarakat, tingkat menengah dengan membangun Kab/Kota yang tangguh, sampai tingkat nasional membangun negara yang tangguh.

Usai acara apel besar dilanjutkan pembersihan sungai mulai dari sungai tonatan surodikraman,paju,sma 3, dan sungai brotonegaran. (K.O.M.I.N.F.O)

 

Please follow and like us:
0

About the author:

Back to Top