Bancar Gelar Bersih Desa

Bancar Gelar Bersih Desa

Comments Off on Bancar Gelar Bersih Desa

Kesenian Gajah-gajahan saat Bersih Desa Bancar (Kominfo/Jgo)

Bungkal – Ponorogo memang sebuah Kabupaten yang kaya akan berbagai budaya. Terbukti banyaknya acara acara tradisi yang hingga kini masih lestari. Baik itu di tingkat Desa hingga tingkat Pemerintah Kabupaten, senantiasa memelihari adat tradisi, yang dikemas sesuai zaman yang ada.

Seperti Desa Bancar Kecamatan Bungkal, menggelar acara Bersih Desa. Acara tersebut di gelar sejak siang hari, Sabtu (29/07) dengan menampilkan berbagai kesenian rakyat yang berkembang di Ponorogo. Seperti Seni Gajah-gajahan, Reyog, dan kesenian Kuda Lumping.

Sedang sebagai puncak acara,pada malam hari di Gelar acara Wayang Kulit. Dengan menghadirkan Dalang dari Surakarta, Ki Dhalang Cahya Kuntadi. Dalam acara Bersih Desa, tersebut Cahya Kuntadi mengambil Lakon Pandu Suwarga.
Menurut Pamuji, Kepala Desa Bancar, Kec. Bungkal, acara tersebut digelar selain memberi hiburan pada masyarakat juga sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Melalui acara Bersih Desa, adalah sebuah syukur pada Tuhan Yang Maha Kuasa, semoga dengan bersyukur semua aral, rintangan dan goda, mara bencana hilang dan keselamatan yang kita terima,” terang Pamuji.

Sementara Sujarno, Wakil Bupati Ponorogo yang hadir dalam acara tersebut, mengajak pada Masyarakat Desa Bancar, Bungkal dan yang hadir pada acara tersebut, mengucapkan selamat dan terima kasih atas dukungan masyarakat yang hadir. Karena mau meleatarikan tradisi budaya dan kesenian tradisional.

Sujarno juga menghimbau pada masyarakat yang hadir untuk meningkatkan persatuan dan gotong royong sehingga mampu menciptakan Ponorogo kondusif dan terjaga kestabilitasannya.

Setelah mengakhiri sambutan, Wakil Bupati Sujarno menyerahkan tokoh Wayang Werkudara kepada Dalang Cahya Kuntardi, sebagai tanda dimulainya pagelaran Wayang Kulit dengan lakon Pandu Suwarga.

Please follow and like us:
0

About the author:

Back to Top