Desa Duri Tasyakuran Bersih Desa

Desa Duri Tasyakuran Bersih Desa

Comments Off on Desa Duri Tasyakuran Bersih Desa

Wayanga Desa Duri Tasyakuran Bersih Desa (Kominfo/Jgo)

Bungkal  – Bulan Sela adalah Bulan pada kalender Jawa, yang menjadikan semua warga suku Jawa menggelar tasyakuran untuk meningkatkan rasa syukurnya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Atas limpahan karunia dan nikmat yang diberikan kepada warga masyarakat. Maka pada bulan Sela, kebanyakan tiap tiap Desa menggelar kegiatan tahunan yang di Sebut Bersih Desa.

Bersih Desa ini selain meningkatkan rasa syukur pada Tuhan, juga berharap hilangnya, Sukerta atau mara bahaya apa saja pada Desa tersebut. Tak mau ketinggalan dengan desa lain, tahun ini, Desa Beduri Kecamatan Slahung Ponorogo juga menggelar acara Bersih Desa. Kegiatan tersebut diselenggarakan selama 3 hari, yakni di mulai pada Jum’at, 4 Agustus 2017 dengan digelarnya acara Istighosah atau Do’a Bersama. Yang kemudian dilanjut dengan kegiatan Pentas Seni di hari berikutnya dan puncak acara,  Ahad, 6 Agustus 2017 dengan pagelaran Wayang Kulit.

“Semarak Bersih Desa tahun ini memang sengaja kita buat meriah,” terang Suroto Kepala Desa Duri Kec. Slahung.

Suroto juga menjelaskan, bahwa, pada acara Besih Desa, ini selain menjadi sarana hiburan, juga sebagai ajang kreasi bagi kelompok seni di Desanya melalui pentas seni.

“Seperti Group Reyog, Gajah gajahan tutut serta memeriahkan acara ini,” ujar Suroto.

Sedangkan inti dari kegiatan Bersih Desa, merupakan satu keinginan warga masyarakat Duri Slahung, meningkatkan syukur pada Tuhan, semoga dengan meningkatkan rasa syukur atas limpahan nikmat ini, bisa menjadi senjata hilangnya segala bentuk bencana atau balak berganti dengan ayem tentrem di Desa Duri, Slahung.

“Maka pada malam ini, kita menggelar acara Wayang Kulit dengan Lakon Wahyu Katentreman, dengan Dalang Ki Sigit Ariyanto dari Rembang,” terang Suroto.

Setelah upacara penyerahan tokoh Wayang Semar dari Kepala Desa Duri Slahung, kepada Dalang Sigit Ariyanto, pagelaran Wayang Kulit di mulai.

Nampak hadir dalam acara tersebut selain perangkat Desa juga Jajaran Muspika Kec. Slahung, para Kepala Desa, Anggota Legislatif dan beberapa seniman di Kab. Ponorogo.(Kominfo/Jgo)

Please follow and like us:
0

About the author:

Back to Top