Genteng Ponorogo Selatan Tetap Bergeliat

Genteng Ponorogo Selatan Tetap Bergeliat

Comments Off on Genteng Ponorogo Selatan Tetap Bergeliat

Salah satu pengrajin genteng di Desa Wringin Anom

Sambit – Kalau anda datang ke Ponorogo di wilayah Sambit Selatan anda akan terpana. Karena di wilayah tersebut anda akan disajikan pemandangan berupa genteng yang terbuat dari tanah liat disepanjang jalan. Mayoritas mata pencaharian warganya adalah sebagai pengrajin genting. Sehingga untuk Wilayah Desa Bedingin, Wringin Anom, Nglewan, Desa Kupuk Kecamatan Bungkal layak untuk di sebut Kota Genteng.

Mbah Ratin, salah satu warga Desa Wringin Anom dan juga salah satu pengrajin genting menjelaskan, industri genteng ini sudah ada sejak zaman dulu, dan tidak hanya genting namun juga ada pengrajin batu-bata.

“Sebetulnya kegiatan industri ini sudah sejak dulu ada. Kalau Nglewan itu selain genting Batu Bata,” ujar Mbah Ratin.

Ungkapan itu juga di benarkan Sutini, Kepala Desa Wringin Anom,

“Kita ini hanya melanjutkan saja,” tegasnya.

Meski tidak semua memang masyarakat di Wringin Anom membuat genteng, namun bagi mereka gentenglah pemasok ekonomi terbesar bagi mereka.

Sutini menjelaskan untuk mencetak genteng kebanyakan mereka telah memiliki tempat, dan di musim hujan mereka mengaduk tanah liat sebagai adonan membuat genting menggunakan terpal. Selain itu kendala dari industry genting ini adalah ketika musim hujan pendapatan mereka menurun, karena untuk pengeringan mereka hanya mengandalkan sinar matahari.

“Kalau hujan, untuk mengaduk tanah liat, mereka menggunakan terpal, Kalau di jemur tanpa matahari, keringnya juga kurang bisa cepat,” tegas Sutini.

Lain itu Marjuki, Kepala Desa Bedingin Kecamatan Sambit, mengajak masyarakat untuk mencintai Produk Ponorogo. Sebab menurut Marjuki, Pemasaran Genteng ini kali kebanyakan daerah luar Kota. Ada yang Madiun, Nganjuk, Blitar dan lainnya.

“Mari kita cintai Produk Ponorogo, sebab pejualan genting ini tidak hanya di Ponorogo saja namun hingga keluar Kota Ponorogo” ujarnya.

Minimal untuk Kantor Kantor Pemerintah, atau Sekolahan dan bentuk apa saja, yang membutuhkan genting, pakai produk Ponorogo. Sehingga dengan demikian, kita mampu bangga dengan karya dalam kota sendiri.
Dengan demikian, ekonomi bisa bangkit dan rasa bangga pada produck Ponorogo pun tumbuh. Kalau kualitas, sebetulnya genting Ponorogo dari Weingin Anom, Bedingin, Kupuk dan sekitar tidak kalah. (Kominfo/Jgo)

Please follow and like us:
0

About the author:

Back to Top