Hujan Angin Belasan Pohon Tumbang, Listrik Sempat Putus

Hujan Angin Belasan Pohon Tumbang, Listrik Sempat Putus

Hujan Angin Belasan Pohon Tumbang, Listrik Sempat Putus

Comments Off on Hujan Angin Belasan Pohon Tumbang, Listrik Sempat Putus

Pohon waru depan RSI Muhammadiyah Jalan Diponegoro, Ponorogo, roboh dan mengakibatkan listrik di sekitarnya padam (kiri). Pohon mangga di Ngunut, Babadan, roboh setelah diterpa puting beliung (kanan).

HUJAN yang cukup deras bercampur angin dan puting beliung yang terjadi di sebagian wilayah Ponorogo pada Sabtu (17/3/2018) siang sekitar pukul 13.30 -14.30 WIB membuat sejumlah pohon tumbang. Beberapa dahan menimpa kabel listrik dan mengakibatkan listrik di beberapa daerah sempat terputus hingga Sabtu petang.

Sejumlah laporan menyebutkan, pohon tumbang terjadi di depan SPBU alias pom bensin Siman, depan RSI Muhammadiyah Jalan Diponegoro, Desa Pengkol dan di Desa Mlarak. Pohon tumbang juga terjadi di Ngunut, Babadan.

Selain pohon roboh, banyak pula dahan dan ranting yang berjatuhan akibat puting beliung. Bahkan dikabarkan, pohon roboh di daerah Siman menimpa rumah salah satu warga dan berakibat kerusakan.

“Kami sudah mendapat laporan kalau yang di Mlarak memang ada pohon roboh, tapi tidak terlalu besar pohonnya. Laporan lain masih kami tunggu laporannya dan terus memantau kondisinya,” ungkap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ponorogo Imam Basori melalui sambungan telepon.

 

Sebuah pohon di Desa Ngunut, Babadan, roboh namun tidak menimpa rumah warga atau kabel listrik yang ada.Sementara itu Manajer PLN UPJ Ponorogo Suyitno mengatakan, terjadi listrik padam di sejumlah jalur akibat kejadian pohon tumbang atau dahan berjatuhan ini. Di antaranya di PMT(pemutus tenaga) trip penyulang Gontor yang disebabkan kerobohan pohon di depan pom bensin Siman. Ada pula kerusakan kontruksi tegangan menengah 1 (TM 1) sebanyak 2 buah.

Penyulang Poper juga putus disebabkan pohon waru di depan RSI Muhammadiyah Jalan Diponegoro roboh namun kontruksi aman. Penyulang depan RSUD juga putus. Penyebabnya adalah  pohon roboh di Desa pengkol

“Penyulang di Pulung juga putus tapi belum diketemukan penyebabnya. Karena cuaca hujan deras disertai angin kencang. Personel dalam jumlah besar sudah kita turunkan untuk segera memperbaiki kerusakan,” kata Suyitno. Diperkirakan, untuk jalur RSUD, Poper dan Pulung telah normal pada petang hari. (kominfo/dist)

About the author:

Alamat

themecircle

Tentang Ponorogo

Back to Top