Intip Ketan Jalan Pahlawan

Intip Ketan Jalan Pahlawan

Comments Off on Intip Ketan Jalan Pahlawan

Intip Ketan

Bernama jalan Pahlawan, barangkali karena di situ terletak Taman Makam Pahlawan.  Yakni sebuah saksi perjuangan Ponorogo dalam merebut dan mempertahankan  Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sehingga tepat pula bila di jalan menuju pasar sepeda dan pasar loak ini di beri nama Jalan Pahlawan.

Selain menjadi Kios Khusus buah yang buka hingga malam, di selatan jalan, ada gerobak yang menyediakan masakan tradisional. Ada putu dan yang menarik adalah intip ketan. Berdasar namanya, jelas masakan ini terbuat dari beras ketan.
Penyajiannya pun sederhana sekali. Yakni intip dari beras ketan, ditaburi parutan kelapa dan bubuk kacang kedele. Tapi memiliki sensasi rasa yang membuat lidah kita berdecak nikmat.
Sedang cara membuat,  makanan tersebut sangat mudah. Tapi untuk menghasilkan intip yang baik tentu bahan dasarnya harus memiliki kualitas yang baik juga.
Untuk prosesnya, ketan yang berkualitas baik satu kilogram dan satu buah kelapa. Setelah ketan dicuci bersih bahan baku dikukus, kemudian dicampur dengan santan kental dan diberi garam. Setelah diuleni kemudian kembali dikukus selanjutnya diberi kelapa dan dicampur hingga merata.
Untuk proses produksinya, saya menggunakan ketan berkualitas baik. Biasanya untuk satu kilogram ketan menggunakan satu buah kelapa. Setelah ketan dicuci bersih bahan baku dikukus, kemudian dicampur dengan santan kental dan diberi garam. Setelah diuleni kemudian kembali dikukus selanjutnya diberi kelapa dan dicampur hingga merata,” jelasnya.
Ketan yang telah siap itulah, yang nantinya diambil satu centong untuk kemudian dimemarkan di atas wajan panas. Kemudian dipipihkan ditunggu hingga kecokelatan kemudian diangkat, dilipat dan ditaruh di atas daun pisang. Intip ketan pun siap dinikmati.
Please follow and like us:
0

About the author:

Back to Top