Jagongan Budaya Lintas Iman Simbul Kerukunan Antar Umat

Jagongan Budaya Lintas Iman Simbul Kerukunan Antar Umat

Comments Off on Jagongan Budaya Lintas Iman Simbul Kerukunan Antar Umat

Jagongan Budaya Lintas Iman Simbul Kerukunan Antar Umat (Kominfo/Jgo)

Ponorogo – Jagongan Budaya, adalah sebuah program kegiatan dari Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia (Lesbumi), yang merupakan salah satu Lembaga milik dari Nahdlotul Ulama.

Setelah lebih dari satu tahun, dalam perjalanannya Jagongan Budaya, semakin banyak yang hadir. Dalam Jagongan tersebut, kita mencoba mengupas berbagai masalah.

“Baik dari individu pegiat curhat atau masalah situasi nasional,” ujar Ahmad Kang Jenggo sebagai ketua panitia.

Karena yang hadir dari berbagai kalangan, baik itu agama yang berbeda maupun komunitas yang berbeda, bahkan kondisi sosial yang berbeda, maka pembahasan persoalan di Jagongan Budaya berubah ubah tema yang diangkat pada setiap pertemuan.

Jagongan Budaya, kini juga bukan menjadi milik Lesbumi. Sebab yang memiliki Jagongan Budaya adalah mereka yang hadir Sapejagong dalam lingkaran tersebut. Bahkan baground yang dulu masih ada logo Lesbumi, mulai dihapus.

“Hal itu bukan berarti Lesbumi cuci tangan dalam kegiatan tersebut, Akan tetapi Jagongan Budaya karya Lesbumi ini telah menjadi milik masyarakat. Dan ini yang dicita citakan Lesbumi. Yaitu, karya budaya mampu membudaya,” lanjut Jenggo.

Mulai malam itu, Selasa (25/07) di Gereja Parokhi Santa Maria, Jagongan Budaya Lesbumi menjadi Jagongan Budaya Lintas Iman. Sebab yang hadir adalah berbagai komunitas, agama, aliran keyakinan dan sebagainya.
Dengan menandakan Lintas Iman berarti, lebih luas cakupan kerja.

Perubahan Nama Jagongan Budaya menjadi Jagongan Budaya Lintas Iman, itu diadakan ritual do’a yang dibacakan oleh berbagi aliran keyakinan. Diawali dari Wewarah Sapta Dharma, yang diwakili Bapak Suyatno, di lanjutka Gus Abdol Muis dari Lesbumi, dan diadakan pemotongan tumpeng dari Romo Slamet (Gereja Parokhi Santa Maria Ponorogo) dan diterimakan kepada Gus Abdol Muis (Kominfo).

Please follow and like us:
0

About the author:

Back to Top