Klepon Jajan Pasar Yang Meledak Di Mulut

Klepon Jajan Pasar Yang Meledak Di Mulut

Comments Off on Klepon Jajan Pasar Yang Meledak Di Mulut

klepon

Klepon merupakan salah satu jajan pasar. Kue yang berbentuk bulat dengan bahan dasar beras ketan ini banyak kita jumpai di warung warung kopi, jalan Suro Menggolo pada Minggu Pagi, Pasar Legi Songgo Langit, Pasar Burung  dan pasar tradisional. Jajan pasar ini biasanya di jual bersamaan jajan pasar lain. Seperti gethuk, cenil dan lainnya.

Klepon yang bulat kecil ini memikat kita. Selain bentuknya yang lucu, dengan warna beragam akan mengundang selera yang melihatnya. Klepon  memang memikiki rasa yang nikmat dan khas. Bahkan dengan manis gurih gula merah akan berakibat ledakan suara di mulut dan muncul rasa yang ingin mengulanginya kembali.
Membuat Klepon, menurut Mbak Yul, Warung kopi di Lokasi Wisata Religi Tegal Sari, tidak segampang meledakan gula di mulut.
Menurutnya bahan kue klepon tersebut adalah penggabungan tepung ketan dan tepung beras yang dicampur dalam satu wadah,Masukkan pasta pandan secukupnya kedalam campuran tepung. Kemudian diaduk rata. Selanjutnya tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan menjadi pas dalam komposisinya.
Setelah demikian, kita ambil adonan setengah sendok, kita bentuk bulat. Lalu masukkan gula merah yang sebelumnya, diiris tipis-tipis.
Adonan yang sudah kita bentuk tadi direbus kedalam air hingga matang.
Kukus kelapa yang sudah diparut, dengan sedikit garam. Sambil menunggu matangnya adonan.
Setelah matang adonan kita angkat dan kita tiriskan. Kelapa parut yang telah dikukus tempatkan dalam wadah seperti tampah atau baki. Gulingkan adonan bulat pada kelapa parut hingga rata. Maka klepon sudah siap untuk kita ledakkan dalam mulut. (Kominfo)
Please follow and like us:
0

About the author:

Back to Top