Larungan

Larungan

Comments Off on Larungan

LARUNGAN TELAGA NGEBEL

PONOROGO. Minggu(2/10/2016) sudah menjadi budaya warga Kec.Ngebel Kabupaten Ponorogo, disetiap awal tahun Hijriyah melaksanakan  larungan di telaga Ngebel. Acara tersebut juga menjadi ikon budaya yang masuk pada Agenda  kegiatan Peringatan Festifal Nasional Reyog Ponorogo dan Grebeg Suro setiap tahunnya.

larungan2Tidak kalah menariknya acara Larungan Telaga Ngebel ini dengan Kirab Pusaka yang dilaksanakan satu hari sebelumnya. Larungan Telaga Ngebel juga banyak mengundang wisatawan baik manca maupun wisatawan lokal. Telaga Ngebel dipadati pengunjung untuk menyaksikan prosesi jalannya Larungan. Larungan itu sendiri adalah mengarak berkeliling telaga lalu menenggelamkan Tumpeng Purak ketengah telaga Ngebel.  Tumpeng Purak setelah acara resmi dan diakhiri dengan do’a maka tumpeng purak diarak mengelilingi telaga sepanjang lebih kurang 10 km, usai diarak lalu dibawa ketengah telaga dengan berenang sampai ditengah telaga tumpeng purak ditenggelamkan disaksikan oleh Bupati dan Forpimda Ponorogo.

Bupati Ponorogo beserta Forpimda Kabupaten Ponorogo yang berkenan hadir pada upacara Larungan Telaga Ngebel tampak bersemangat mengikuti jalannya upacara dari awal sampai akhir prosesi ditenggelamkannya tumpeng purak ke tengah telaga beliau H.Ipong bersama rombongan mengikuti sampai ketengah telaga dengan menaiki perahu yang telah disiapkan.(K.O.M.I.N.F.O)

Please follow and like us:
0

About the author:

Back to Top