Lebaran Makin Dekat, Harga Sembako Masih Stabil

Lebaran Makin Dekat, Harga Sembako Masih Stabil

Comments Off on Lebaran Makin Dekat, Harga Sembako Masih Stabil

Pedagang Daging Sapi Pasar Songgolangit

PONOROGO, – Hingga sepekan jelang hari raya, tak ada lonjakan drastis terhadap harga kebutuhan pokok yang terjadi. Kalau toh ada, kenaikan harga hanya untuk satu atau dua barang saja. Itupun tidak terlalu tinggi lonjakan harganya.

Kesimpulan tersebut yang disampaikan oleh Dinas Perdagangan Koperaai dan Usaha Ponorogo hingga hari ini, Selasa, (20/06). Bahkan gejolak kenaikan harga sembako yang relatif wajar dan tidak terlalu signifikan ini, disampaikan Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Ponorogo, Toto Basuki, MM, posentasenya mungkin lebih datar dan wajar jika dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Sidak pasar atau pemantauan kenaikan harga kebutuhan pokok tiap hari kita lakukan. Dalam artian, tiap hari kita ada dua petugas kusus yang memantau harga tersebut. Masing-masing di pasar induk Songgolangit dan pasar Sumoroto. Mereka tiap hari mengirim laporan langsung ke Dinas Perdagangan Propunsi,” terang Toto Basuki.

Toto Basuki, MM, Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Ponorogo

“Sampai hari ini mayoritas barang harganya masih wajar. Kalau toh ada kenaikan di beberapa komoditi, kenaikan pun relatif kecil tidak berlipat atau fantastik,” tambahnya.

Dicontohkan, dua hari terakhir yang mengalami kenaikan paling drastis adalah pada harga lombok keriting. Yanf naik dari harga 20 ribu rupiah, naik jadi 25 ribu rupiah perkilo. Daging fluktuasi harga perkilonya di bulan puasa ini juga hanya berkisar di harga Rp. 115 ribu sampai Rp. 120 ribu. Sementara harga telor justru turun sedikit pada dua hari terakhir ini. Dari Rp. 20 ribu turun jadi seharga Rp. 18 ribu saja.

Melihat data itu, Kabid Perdagangan menegaskan belum ada lonjaksn harga yang fabtastik atau mengkwatirkan. Ia berharap agar hal ini terus berjalan normal seperti ini. Sehingga masyarakat yang memang sangat tinggi animo belanjanya saat ini, tidak menjadi resah. (Kominfo)

Please follow and like us:
0

About the author:

Back to Top