Lomba Gotong Royong Tingkat Propinsi, Bringinan Jambon Optimis Maju Tingkat Nasional

Lomba Gotong Royong Tingkat Propinsi, Bringinan Jambon Optimis Maju Tingkat Nasional

Comments Off on Lomba Gotong Royong Tingkat Propinsi, Bringinan Jambon Optimis Maju Tingkat Nasional

PONOROGO, (JAMBON) – Desa Bringinan Kecamatan Jambon Ponorogo, tiba-tiba menjadi ramai Kamis, (23/03) kemarin. Bukan semata karena ada pentas hiburan reyog atau seni gajah yang telah menjadi andalan desa setempat, tetapi lebih dari itu, karena adanya rombongan tamu penting yang datang dari kabupaten dan propinsi Jawa Timur.

Rombongan itu adalah Tim Penilai Lomba Gotong Royong Tingkat Propinsi Jawa Timur yang datang didampingi rombongan pejabat dari Pemerintah Daerah Kabupaten Ponorogo. Dimana hadir Wakil Bupati, Drs. H. Soedjarno, MM, beserta para Kepala Kantor/Dinas Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  Ponorogo, seperti Kepala Dinas Keuangan, Pendidikan, Bapemas Pemdes, dan lainnya.

Sebulan lalu, desa Bringinan kecamatan Jambon itu memang ditahbiskan menjadi Juara Lomba Gotong Royong Tingkat Kabupaten Ponorogo. Sehingga karenanya, desa Bringinan berhak mewakili Kabupaten Ponorogo untuk lomba yang sama tingkat propinsi Jawa Timur. Dan Kamis kemarin itu adalah kegiatan Penilaian oleh Tim Penilai Lapang dari Propinsi yang diketuai oleh, Drs. Ahmad Robiul Fuad, MM.

“Saya tahu persis tentang kehidupan masyarakat Bringinan ini. Karena telah lama saya tinggal dan menjadi pejabat di Ponorogo. Sehingga tahu bagaimana kehidupan masyarakatnya. Mulai dari para pemudanya, warga lingkungannya atau bahkan hingga perangkat desanya. Soal gotong royongnya tidak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu, desa Bringinan ini saya rasa layak untuk menjadi pemenang lomba ini tingkat propinsi,” tegas Wakil Bupati, Drs. H. Soedjarno, MM, saat memberikan sambutan selamat datang.

Sedangkan ketua Tim Penilai Lapang Jawa Timur menyampaikan bahwa sejauh yang ia lihat, ia dengar pemaparan dari Ketua LPMD, jelas nyata bagaimana semangat gotong royongnya masyarakat di desa Bringinan ini. “Tidak hanya gotong royongnya, tapi secara keseluruhan saya nilai semua program propinsi telah mengakar di desa ini. Partisipasi pemuda dan warganya dalam pembangunan sangat tinggi, budayanya juga dilestarikan dengan baik. Hingga yang saya acungi jempol adalah kesetraan Gendernya yang telah begitu baik. Dimana personil Linmas atau Hansipnya, 50 persen adalah wanita,” terang Drs. Ahmad Robiul Fuadi, MM.

Lalu, usai seremonial acara, Kepala Desa Bringinan, Subarno, menegaskan bahwa pihaknya optimis bisa juara dalam Lomba Gotong Royong Tingkat Propinsi ini. Dan berhak maju ke tingkat Nasional. “Dasar saya optimis menang, karena semua yang kita laporkan dalam naskah teks administrasi tertulis, hingga lewat pemaparan tadi, semua nyata adanya. Tidak ada yang dibuat-buat,” tegas Subarno mantap.

Diantara yang dipaparkan oleh Ketua LPMD, Sarni, keunggulan berbagai sektor dan kegiatan desa Bringinan ini banyak sekali. Mulai dari adanya Poskamling swadaya masyarakat, pembangunan perbaikan akses jalan, produksi pupuk organik, taman baca masyarakat, monumen Pancasila, pelaporan terbuka keuangan desa, produksi tas anyaman plastik warga dan lain-lain masih banyak yang bisa diunggulkan oleh desanya. (Kominfo)

Please follow and like us:
0

About the author:

Back to Top