Lomba Karawitan Grebeg Suro Dibuka Wakil Bupati, Tahun Ini Juga Diikuti Grup Karawitan Tingkat SMA

Lomba Karawitan Grebeg Suro Dibuka Wakil Bupati, Tahun Ini Juga Diikuti Grup Karawitan Tingkat SMA

Comments Off on Lomba Karawitan Grebeg Suro Dibuka Wakil Bupati, Tahun Ini Juga Diikuti Grup Karawitan Tingkat SMA

PONOROGO, – Wakil Bupati, Drs. Sudjarno, MM, secara resmi membuka acara Lomba Karawitan Pelajar dalam rangka peringatan Grebeg Suro XXIX dan Hari Jadi Ponorogo ke-521. Pada pelaksanaan kali ini, tidak ditempatkan di Pendopo Kabupaten, tetapi di Ponorogo City Center alias PCC jalan Juanda Ponorogo,  Senin (18/9/2017).

Dalam sambutannya, Wabup H. Sudjarno menyampaikan bahwa even lomba yang sudah rutin tiap tahun, dilakukan beberapa kali ini, patut dan harus diteruskan di masa-masa mendatang. Termasuk ia berharap agar terus dikembangkan. Dengan tujuan untuk menjaga pelestarian budaya yang ada di Ponorogo, termasuk khusus untuk seni  karawitan ini.

Wabup Drs.H.Soedjarno,M.M memberikan sambutan dalam pembukaan lomba karawitan

“Seni budaya meruapakan kekayaan bangsa dan daerah yang jadi kekayaan tak ternilai. Ponorogo juga merupakan kota budaya. Karenanya upaya pelestarian budaya melalui penanaman skill sejak usia sekolah ini patut didukung dan terus dikembangkan. Agar generasi seniman-seniman seni tidak putus,” terang Wabup.

Dalam kesempatan itu, sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap acara ini, dalam sambutannya Wabup juga menyampaikan statemen siap membantu acara ini dengan bentuk dukungan hadiah kepada para pemenang lomba.

Lomba Karawitan Pelajar Grebeg Suro ini, ketua panitianya oleh, Drs. Sindu Parwoto, M. Pd dengan Sekretaris Panitia, Mus Mujiono, S.Sn. Dijelaskan Parwoto, bahwa tahun ini tempat pelaksanaan diselenggarakan di PCC dan bukan di Pendopo Kabupaten. Hal itu karena Pendopo dipakai untuk pameran pusaka. Lomba Karawitan Pelajar ini diselenggarakan selama 2 hari, Senin-Selasa (18-19 September 2017).

Mus Mujiono sekretaris Panitia

Selanjutnya disampaikan Sekretaris Panitia, Mus Mujiono, bahwa selain tempat yang berbeda, masih ada lagi perbedaan pada pelaksanaan lomba kali ini. “Bedanya lagi, tahun ini, lomba juga menyelenggarakan kategori baru, yaitu pelajar tingkat SMA. Dulu sekian kali pelaksanaan kan hanya tingkat SD-SMP,” tetang Mus Mujiono.

Jumlah peserta sendiri pada lomba kali ini, meliputi 14 grup karawitan tingkat SD, 40 grup dari SLTP dan kategori baru tingkat SLTA, diikuti 8 grup karawitan dari berbagai SLTA di Ponorogo. (Kominfo)

Please follow and like us:
0

About the author:

Back to Top