Makam Ki Ageng Jati Sulur Wisata Religi Porbosuman

Makam Ki Ageng Jati Sulur Wisata Religi Porbosuman

Comments Off on Makam Ki Ageng Jati Sulur Wisata Religi Porbosuman
Jati sulur, sebenarnya adalah Pohon jati yang telah berusia berabad abad. “Sehingga saking tuanya usia pohon jati itu muncul sulurnya (akar yang bergantung-red),” ujar Rohmad salah satu pinisepuh yang ikut mengurus keberadaan Makam tersebut.
Di Makam Jati Sulur ada 3 pohon jati. Yakni jati Wetan dan Jati Tengah serta Jati sebelah Barat. Sedang yang tengah merupakan teken atau tongkat yang di tancapkan. Tongkat tersebut di yakini milik Pangeran Purba Negara dan abdi kinasihnya yang bernama Suma.
“Berasal dari nama Purba Negara dan Ki Suma tersebut, kemudian disebut kawasan Desa Purbo Suman,” terang Rohmad yang juga Ketua Kelompok Sutresna Pusaka dan Budaya Tunggul Naga.
Bersih Desa merupakan kegitan Budaya, Menurut Rohmad, setiap bulan Selo Kelurahan Purbosuman mengadkn bersih Desa dan kirab Buceng. Kegitan tersebut diselenggarakan sebagai rasa syukur pada Tuhan dan mengenang perjuangan para leluhur dalam membuka kawasan di Purbosuman.
“Maka pada kegiatan bersih Desa diadakan Kirab Tumpeng dari Kantor Kelurahan hingga makam Ki Ageng Jati Sulur,” ujar Rohmad.
Selain Kirab Tumpeng pada acara tersebut diadakan ziarah Makam dan tabur bunga juga tahlil dan pembacaan Sejarah Desa. Selain itu juga diadakan pagelaran kesenian.
“Semua acara diselenggarakan di Komplek Makam Ki Ageng Jati Sulur,” tandasnya.
Sedang para peziarah khusus yang datang diluar acara dan hari hari biasa, menurutnya, pada hari Jum’at Legi dan Jum’at Pon. Para peziarah tersebut juga tahlilan dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Please follow and like us:
0

About the author:

Back to Top