Mbedol Pusoko

Mbedol Pusoko

Comments Off on Mbedol Pusoko

MBEDOL PUSOKO

 bedol-pusokoPONOROGO,- Ponorogo merupakan salah satu kota wisata yang ada di Indonesia, berbagai ragam budaya ada didalamnya. Pada bula Suro (Muharram) tahun 2016 ini Ponorogo adakan kegiatan gelar Budaya sebagai sebuah wujud kepedulian pemerintah Ponorogo dalam melestarikan dan menjujung tinggi kesenian lokal.

Seperti halnya pada Jum’at (30/09/2016) malam Pemerintah Ponorogo laksanakan salah satu rangkaian grebeg suro yakni acara “Mbedol Pusoko”. Acara mbedol pusoko merupakan salah satu acara sakral bagi warga Ponorogo. Didalam acara ini yaitu dengan membawa pusaka dari kota baru ke kota lama (makam betoro Katong).

Acara ini dihadiri dan disaksikan oleh seluruh Forpimda, para perwakilan sekolah, pelaku usaha dan masih banyak lagi tamu undangan yang lainya.

Acara berlangsung dengan sangat sakral dan hikmad. Sebelumnya bupati Ponorogo Drs.H. Ipong Muchlissoni  menuturkan acara mbedol pusaka adalah sebuah ritual wajib yang dilakukan setiap tahunya oleh Pemerintah Ponorogo dengan membawa  pusaka milik Batoro Katong dari kota baru menuju Kota Lama (makam Betoro Katong)

” malam ini adalah acara mbedol pusaka, yakni mengantar pusaka sang pendiri Ponorogo atau kita kenal Betoro Katong dari kota baru ke kota lama atau makam Betoro Katong itu sendiri” Pungkasnya. (K.O.M.I.N.F.O)

Please follow and like us:
0

About the author:

Back to Top