Nikmatnya Nasi Thiwul; Nyaman Bagi Penderita Diabet

Nikmatnya Nasi Thiwul; Nyaman Bagi Penderita Diabet

Comments Off on Nikmatnya Nasi Thiwul; Nyaman Bagi Penderita Diabet

Nasi thiwul adalah nasi dengan berbahan pokok dari umbi ketela pohon yang telah diolah dengan cara tertentu sehingga menjadi gaplek (dikeringkan). Gaplek kemudian ditumbuk hingga halus, dan diolah menjadi nasi thiwul.

Dulu, nasi thiwul ini sangat identik dengan kemiskinan. Sebab pada daerah-daerah kering atau ladang singkong bisa bertahan hidup. Sehingga pada masyarakat yang mudah mendapat aliran air bisa mengolah sawah untuk menghasilkan padi, dan makan nasi dari beras.

Tapi masyarakat Jawa lama thiwul sempat menjadi bahan makanan pokok pengganti beras. Dan thiwul dengan bahan makan umbi singkong ini, sudah ada sejak lama. Bahkan ada yang menceritakan thiwul sebagai nasi sudah sejak jaman pra penjajahan.

Seiring perkembangan zaman dan modernisasi kini semuanya berubah drastis. Thiwul tidak lagi menjadi konsumen bagi masyarakat kelas ekonomi bawah. Bahkan tidak mudah untuk mendapatkannya. Di Ponorogo, nasi thiwul tersedia di warung tertentu yang umumnya memasang label khusus dengan spanduk, yang mudah dibaca orang.

Tapi ada beberapa warung yang sudah lama menyediakan Nasi thiwul. Biasanya di warung-warung penyedia nasi thiwul, banyak memadukan thiwul dengan lauk lauk tertentu, sehingga makin nikmat. Ikan asin goreng, sambel teri atau sayur pedas.

Seperti, Sekayu dekat jembatan, di sana menyediakan nasi thiwul dan sayur yang kita diperbolehkan ambil sendiri. Warung jl. Barong dengan menu unggulan thiwul Goreng dan banyak lagi.

Kenapa Thiwul di Buru?

Sebetulnya thiwul memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Bahkan, thiwul sangat cocok untuk diet bagi para penderita diabet. Kalau dengan nasi beras, mudah terolah menjadi kalori. Maka biasanya para penderita diabet dianjurkan untuk memakan makanan umbi umbian sebagai pengganti nasi. Sebab kalorinya lebih rendah.
Tidak hanya itu. Ternyata thiwul juga memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dengan nasi beras.
Kandungan nutrisi nasi tiwul di setiap 100 gram bahan baku (singkong) :
Air 63. 50 gram
Fospor 40 gram
Karbohidrat 35 gram
Kalsium 33 mg
Vitamin C 30 mg
Protein 1. 20 mg
Zat besi 0. 70 mg
Lemak 0. 30 mg
Vitamin B1 0. 01 mg
kalori (121 kal) lebih rendah dari nasi beras.

(Kominfo)

Please follow and like us:
0

About the author:

Back to Top