Pakaian Tradisional Makin di Gemari

Pakaian Tradisional Makin di Gemari

No Comments on Pakaian Tradisional Makin di Gemari

JNG/Blangkon Ponorogo

Ponorogo – Pakaian Tradisional Jawa yang dulu sempat kalah bersaing dengan pakaian trendy, kini berubah arah. Sebab kini pakaian tradisional dengan semakin melonjak penggemarnya. Tidak hanya orang dewasa anak anakpun berebut untuk memakai pakaian tradisi.

Setidaknya hal itu yang dituturkan, oleh Nanang Rosyidin, bagian pemasaran Koperasi Komunitas Debog Wengker, yang rajin memproduksi pakaian tradisi. Menurut Naro (Panggilan Akrab ; Nanang Rosyidin), menuturkan bahwa, kini banyak anak anak yang gemar memakai sorjan dan blangkon. Terbukti, saat team Koperasi Debog Wengker membuka lapak di jalan Suro Menggolo.

“Tiap minggu banyak anak anak yang minta dibelikan blangkon,” tutur Naro.
Selain blangkon kini anak anak dan remaja juga tidak sedikit yang memakai pakaian sorjan, warok sumpil atau tradisional jawa yang lain.

Maka selain menjadi sarana penggalian dana, Debog Wengker dengan memproduksi pakaian sorjan dan blangkon adalah sebagai upaya untuk bangkitnya kembali budaya jawa.

“Dengan pakaian sebagai jati diri Suku Bangsa Jawa, kami berharap ini adalah bentuk andil untuk bangkitnya kebudayaan Jawa yang hampir terkikis,” tegas Naro.(Kominfo)

Please follow and like us:
0

About the author:

Alamat

themecircle

Tentang Ponorogo

Back to Top