Penghayat Dan Umat Non Muslim Tadarus Budaya di Kantor PCNU Ponorogo

Penghayat Dan Umat Non Muslim Tadarus Budaya di Kantor PCNU Ponorogo

Comments Off on Penghayat Dan Umat Non Muslim Tadarus Budaya di Kantor PCNU Ponorogo

Tadarus Budaya Lesbumi

PONOROGO – Sejumlah Penganut ajaran Penghayat Kepercayaan dan beberapa Umat Katholik berbaur di Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Ponorogo (Sabtu, 17/06). Kedatangan mereka, disambut gembira dan senyuman dari para penggiat budaya Nahdlatul Ulama yang terlembaga di Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi).

Kedatangan Penganut Penghayat dan Umat non Muslim tidak untuk mengajak adu mulut atau adu argumen. Tetapi mereka datang diundang oleh Lesbumi, untuk bersarasehan dan maleman 23 Ramadhan pada acara Tadarus Budaya yang merupakan nama Jagongan Budaya di bulan Ramadhan.

Panuntun Wewarah Sapta Dharma Mbah Saikun, yang di mohon memberi kesan dan pesan pra acara oleh Panitia Tadarus Budaya, menyambut gembira acara ini. Bahkan dirinya merindukan acara semacam ini terus diadakan.

“Terlebih oleh Organisasi sebesar NU mengajak acara membangun kegotong royongan bersama, kami hanya sendika dan matur suwun kok masih ada yang ingat pada kami,”ujar Saikun Panuntun Wewarah Sapta Dharma.

Hal yang senada di sampaikan oleh Romo Slamet, Pastor Katholik Santa Maria. Romo Slamet menegaskan bahwa, dengan undangan kepada Katholik, berarti dirinya dan umat katholik tidak sepi. Artinya, masih ada yang peduli pada umat lain.

“Sebab tangan kami yang teramat kecil bila untuk merengkuh yang lain,” terang Romo Slamet.

Tak kalah gembira, K. Bachtiar dari PCNU Ponorogo menegaskan keberasamaan akan menciptakan sebuah kenyamanan untuk melaksanakan ibadah pada Tuhan.

“Setelah sujud di tasyahud akhir, kita menengok kanan dan kiri guna menjalin makhluk makhluk lain termasuk manusia juga. Sudah nyaman dan terjaminkah keselamatannya?” terang K. Muh. Bachtiar.

Kang Jenggo selaku wakil dari Pegiat Lesbumi, acara semacam ini diselenggarakan Lesbumi tiap Jagongan Budaya. Sehingga kita bisa merawat Tradisi dan Menjaga NKRI secara bersama.
“Sebab tanpa kegotong royongan mustahil kita mampu menjaga Negara sebesar NKRI,” ujar Kang Jenggo ditengah acara.
(kominfo)

Please follow and like us:
0

About the author:

Tags:

Alamat

themecircle

Tentang Ponorogo

Back to Top