Peringatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat XIV dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 di Singkil Balong

Peringatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat XIV dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 di Singkil Balong

Comments Off on Peringatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat XIV dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 di Singkil Balong

Peringatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat XIV dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 di Singkil Balong (Kominfo/Jmn)

PONOROGO, (BALONG) – Bertempat di Balai Desa Singkil kecamatan Balong, Senin, (24/07) Bupati Ponorogo, H. Ipong Muchlissoni membuka acara Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBRGM) XIV. Sementara sang istri, Hj. Sri Wahyuni yang juga selaku ketua Darma Wanita dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Ponorogo diwaktu bersamaan juga membuka agenda kegiatan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 tahun 2017.

Desa Singkil kali ini ditunjuk sebagai tuan rumah kedua kegiatan tersebut, karena desa bersangkutan adalah Juara 1 Lomba Desa tingkat Kabupaten dan Juara 1 Lomba Desa tingkat Propinsi Jawa Timur tahun 2017. Dimana saat ini juga tengah melakukan persiapan untuk mewakili kabupaten Ponorogo dalam lomba yang sama, ditingkat yang lebih tinggi. Yaitu Tingkat Nasional.

Bupati beserta istri didampingi jajaran Muskopimda, seperti Kapolres, Kajari, Dandim 0802 Ponorogo beserta beberapa Kepala Dinas, datang disambut dengan pertunjukan reyog dilanjutkan seni karawitan siswa SD, serta bazar UKM hasil kraeasi warga setempat. Simbolis pembukaan agenda dua acara ditandai dengan pemukulan gong oleh bupati H. Ipong.
Dalam sambutannya disampaikan bupati Ipong akan penting dan luhurnya nilai gotong royong.

Ia menegaskah bahwa di dunia ini, gotong royong hanya ada di Indonesia. Di negara lain nyaris tak ada istilah kegiatan kerja bakti gotong royong, bekerja bersama tanpa upah. Itulah salah satu nilai budaya luhur yang ada di negara kita ini.

“Karenanya, walau kemajuan teknologi saat ini semakin pesat dan mulai mengikis budaya Gotong Royong itu, maka sudah sepantasnya jika kita, khususnya warga Ponorogo ini terus menjaga dan memupuk budaya gotong royong ini. Karena dengan gotong royong, semua menjadi mudah, dan menjadi ringan. Dengan gotong royong pula, maka kita juga secara tidak langsung telah menciptakan kehidupan yang guyup rukun,” terang bupati.

Sebelumnya turut memberi sambutan, Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Ponorogo, Drs. Supriyanto, MM. dimana disampaikan bahwa kegiatan BBRGM ini dimaksudkan dalam rangka untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam berbagai hal. Baik dalam soal ekonomi, budaya, maupun keagamaan.

“Alhamdulillah, desa Singkil yang kita jadikan tempat acara puncak peringatan BBGRM kali ini adalah Juara Lomba Desa tingkat Jawa Timur. Sudah lama kita tidak Juara 1 tingkat propinsi. Tentu ini membanggakan. Bahkan besok, disini juga akan dilaksanakan penilaian lapang tingkat nasional. Semoga kembali menang,” terang Supriyanto.

Dalam kesempatan itu, juga dilaksanakan penyerahan hadiah serta piala beberapa lomba tingkat Kabupaten. Mulai dari lomba desa, gotong royong, hingga beberapa lomba PKK tingkat kabupaten. (Kominfo)

Please follow and like us:
0

About the author:

Back to Top