Ponorogo Masuk Salah Satu Kabupaten Pelaksana KB Terbaik

Ponorogo Masuk Salah Satu Kabupaten Pelaksana KB Terbaik

Comments Off on Ponorogo Masuk Salah Satu Kabupaten Pelaksana KB Terbaik

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, usai menghadiri acara peringatan HARGANAS XXIV Jawa Timur di Ponorogo (Kominfo/Jmn)

PONOROGO, – Sukses tidaknya pelaksanaan program KB yang tetap terus dicanangkan oleh pemerintah, barometer utamanya bisa disimpulkan dari laju jumlah pertambahan penduduk atau angka kelahiran. Jika prosentase angka laju pertumbuhan penduduk cenderung meningkat, maka program KB bisa dipertanyakan sukses tidaknya pelaksanaan programnya. Begitu pula sebaliknya.

Pernyataan itu disampaikan Gubernur Jawa Timur, H. Soekarwo, usai menghadiri acara peringatan HARGANAS XXIV Jawa Timur yang dilaksanakan di Ponorogo, Kamis, (27/07) kemarin. Kepada para wartawan disampaikan bahwa di wilayahnya Jawa Timur, pelaksanaan program KB ditegaskan berjalan dengan sukses dan berhasil. Kesimpulan itu, dijelaskan Pakde Karwo, atas dasar prosentase angka laju pertumbuhan penduduk hingga prosentase pasangan usia muda yang cenderun g menurun dan bahkan dibawah standard laju pertumbuhan penduduk tingkat nasional.

“Bukti mudahnya, kalau dulu tahun sekitar tanhun 2014 Jawa Timur adalah propinsi terbanyak penduduknya, tahun ini sudah tidak lagi. Saat ini jumlah penduduk terbanyak adalah propinsi Jawa Barat,” terang Gubernur H. Soekarwo.

“Barometer kesuksesan lainnya bisa dilihat dari dua item standar sukses KB Nasional. Yaitu laju pertumbuhan penduduk dan jumlah pasangan usia subur. Secara nasional prosentase laju pertumbuhan penduduk mencapai 1,9 persen. Sedangkan Jawa Timur, jauh dibawahnya. Yaitu 0,06 persen. Juga pada barometer pasangan usia subur. Nasional 2,6 persen, kita Jawa Timur hanya sekitar 2,4 kalo tidak salah,” tambah Pakde Karwo.

Dilanjutkan gubernur, bahwa kabupaten Ponorogo ini juga menjadi salah satu kabupaten/kota di Jawa Timur yang paling sukses menjalankan program KB nya. Karena laju pertumbuhan penduduknya juga lumayan jauh dibawah prosentase pertumbuhan penduduk nasional. Ditambah lagi, sebagaimana kabupaten/kota lain di Jawa Timur, di Ponorogo juga telah banyak dilaksanakan adanya program “Kampung KB”. Belum lagi dari beberapa sisi pelaksanaan program lainnya, yang terkait dengan PKK, seperti program imunisasi balita, hingga gerak program lainnya.

Disampaikan orang nomor 1 Jawa Timur yang hampir habis masa jabatannya ini, bahwa jumlah total penduduk Jawa Timur saat ini sebanyak 39 juta lebih penduduk. Tidak lagi sebagai propinsi dengan jumlah penduduk terbanyak dan laju pertumbuhan penduduk tertinggi. (Kominfo)

Please follow and like us:
0

About the author:

Back to Top