Sukseskan Program Nasional Imunisasi Campak-Rubella

Sukseskan Program Nasional Imunisasi Campak-Rubella

No Comments on Sukseskan Program Nasional Imunisasi Campak-Rubella

Drg. Rahayu Kusdarini, M.Kes

PONOROGO, – Secara serempak tingkat nasional, bulan Agustus dan September 2017 ini di seluruh wilayah Indonesia akan dilaksanakan program “Kampanye Imunisasi Measles-Rubela”. Implementasi atau perwujudan dari program kampanye tersebut yaitu berupa sosialisasi serta pelaksanaan pemberian vaksin Measles atau yang lebih dikenal dengan Campak serta Rubella.

Karena bersifat program nasional, tentunya di Kabupaten Ponorogo juga akan dilaksanakan hal itu.
Menyambut pelaksanaan program yang akan berjalan selama dua bulan itu, jurnalis Kominfo Ponorogo secara kusus melakukan wawancara dengan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo, Drg. Rahayu Kusdarini, M.Kes. Dijelaskan Kadinkes, bahwa pelaksanaan program itu adalah berupa pemberian vaksin Campak dan Rubella yang metode pemberian vaksinnya akan dilaksanakan dengan cara penyuntikan.

Alias vaksin tidak diberikan berupa vaksin cair kepada target yang dituju. Seperti metode vaksinasi yang dulu pernah juga dilakukan.

Walau secara nasional target yang ditentukan adalah anak usia 9 bulan hingga 15 tahun, namun Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo, ditegaskan Rahayu Kusdarini, akan memilih target sasaran kusus. “Untuk program kampanye Imunisasi Measles dan Rubella (MR) ini, kita akan mengambil target kusus anak usia sekolah. Tepatnya mereka yang telah berumur 7 hingga 15 tahun,” terangnya.

Dengan demikian, selama dua bulan Agustus dan September itu, Dinas Kesehatan Kabupaten akan melakukan pemberian vaksinasi MR tersebut ke siswa-siswa sekolah yang ada di Ponorogo dengan metode pemberian vaksin melalui cara penyuntikan. “Melibatkan semua unsur dan elemen petugas kesehatan mulai dari tenaga Poskesdes, Kader Kesehahatan atau bidan, hingga petugas Pukesmas, kita akan mendatangi siswa-siswa tersebut ke sekolah sekolah mereka,” tambahnya.

Sasaran sekolah sendiri diperjelas Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo, bukan hanya sekolah negeri saja. Tetapi juga sekolah swasta seperti MI atau MTS. Termasuk didalamnya juga, Dinas Kesehatan akan melakukan kerjasama pelaksanaan kampanye program ini dengan target sasaran kusus lembaga pondok pesantren. Karena memang di Ponorogo ini banyak sekali pondok pesantren.

Tak luput disampaikan, bahwa target sasaran pemberian vaksin, tidak tergantung atau berdasar KTP atau Kartu Pelajar kusus yang berasal dari Ponorogo saja. Sehingga siswa atau santri pondok yang berasal dari luar Ponorogo sekalipun, akan dilakukan vaksinasi MR tersebut.

Terkait persiapan pelaksanaan program kampanye nasional yang lumayan berat dan bersar ini, Kadinkes menjelaskan bahwa persiapan terus dilakukan dengan baik dan lancar. Dimana beberapa waktu lalu selain mengaja para kader kesehatan dari ormas Muslimat dan Muhammadiyah mengikuti sosialisasi di propinsi (Surabaya), tetapi beberapa waktu lalu pihaknya juga telah menggelar sosialisasi dengan mengundang para Camat se-kabupaten Ponorogo. Sedangkan Selasa pekan depan, sosialisasi akan kembali digelar dengan peserta sosialisasi dari petugas kesehatan ormas Muhammadiyah dan Muslimat.

Pendataan sekolah atau pondok yang akan menjadi target program ini, juga sudah selesai dilakukan. Begitupun material alat medis penunjang serta vaksinnya, juga sudah dipersiapkan secara matang. (Kominfo)

Please follow and like us:
0

About the author:

Alamat

themecircle

Tentang Ponorogo

Back to Top