Sumur Jeding Tempat Mandi Adipati Ponorogo

Sumur Jeding Tempat Mandi Adipati Ponorogo

Comments Off on Sumur Jeding Tempat Mandi Adipati Ponorogo
Kalau datang ke Makam Batara Katong, tentu belum bisa lengkap kalau sekedar berdo’a di Makam Batara Katong dan Punggawa serta kerabat Kadipaten Ponorogo. Sebab ada satu petilasan yang tidak jauh dari komplek makam Adipati pertama Ponorogo. Yaitu sebuah sumur dan batu berlubang sepanjang lebih dari 60 cm, di buat berlubang bagaikan bak mandi dengan kedalaman sekitar 40 cm. Tempat tersebut, tepatnya di Pedhukuhan Tinggen yang berjarak sekisar 700 m dari Makam Batara Katong.
“Tepatnya di arah ngulon dari TK itu, ke utara dan pertigan ke barat,” ujar salah satu Jamaah Ziarah menunjukkan lokasi Sumur Jeding.
Sumur Jeding, berada di belakang rumah penduduk. Tempatnya tidak begitu luas dan banyak tumbuhan perdu. Sebuah Sumur kuno dengan berserakan batu bata berserakan di sekeliling lokasi.
“Niku nggih taksih wonten toyane, nanging mboten wonten ingkang ngangsu (Itu ya masih ada airnya tapi tidak ada yang memakai),” jelas salah satu ibu Minah, salah satu penduduk Tinggen.
Dan apa yang dikatakan Ibu tersebut benar adanya. Sumur Jeding air didalamnya ada setengah dan terlihat  jernih.
Menurut Mbah Ahmadi, salah satu pinisepuh dari Paguyuban Among Roso Tri Tunggal, Sumur Jeding merupakan petilasan tempat mandinya Adipati Batara Katong.
“Dulu Istana Kadipaten pertama itu di Tinggen. Sebab tanah di situ tinggi dan wangun Bathok Mengkurep (Seperti tempurung),” terang Mbah Ahmadi.
Sedang Sumur Jeding, tidak lagi ada yang memakai, selain adanya kemajuan dengan tempat mandi sudah dirumah masing masing, dulu tempat tersebut sangat angker. Sehingga orang tidak berani berbuat macam macam di lokasi tersebut.
“Dan saat ini, tempat tersebut sudah amat terang, karena banyak rumah dan pohon swkitarnya sudah dipotong,” imbuh Mbah Ahmadi. (Kominfo)
Please follow and like us:
0

About the author:

Back to Top