Wakil Bupati Buka Haul Kyai Ageng Muhammad Besari

Wakil Bupati Buka Haul Kyai Ageng Muhammad Besari

Comments Off on Wakil Bupati Buka Haul Kyai Ageng Muhammad Besari

Haul Kyai Ageng Muhammad Besari (Kominfo/Jmn)

PONOROGO, Salah satu situs religi terbaik yang dimiliki Kabupaten Ponorogo adalah Masjid Tegalsari. Masjid yang ada di Desa Tegalsari kecamatan Jetis ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dalam dan luar kota. Beberapa tahun belakangan untuk lebih terus mempopulerkan wisata religi tersebut sekaligus untuk memperingati tokoh besar penyebar agama islam yg lahir dan menetap di Ponorogo, yaitu Kyai Ageng Muhmmad Besari, maka diadakanlah acara peringatan Haul rutin tahunan.

Haul yang dimaksud adalah Haul Kyai Ageng Muhammad Besari. Tokoh yang juga telah mampu melahirkan pujangga besar yg disegani Ronggowarasito. Dan tahun 2017 ini kembali acara Haul yang ke-270 digelar. Dan masih dipusatkan dikomplek masjid Tegalsari.

Beragam acara, kegiatan hingga lomba mewarnai Haul Kyai Ageng Muhammad Besari ke-270 kali ini. Dilaksanakan setiap hari selama seminggu penuh. Terhitung mulai malam ini, Jumat (28/07).

Kali ini seremonial pembukaan dilakukan oleh Wakil Bupati, Drs. H. Sudjarno, MM. Didampingi jajaran Muskopimda seperti Dandim 0802, Kapolres, Kepala Dinas Parawisata, dan tamu undangan lainnya seperti mantan bupati H. Amin, yang juga berada diatas panggung kehormatan.

Laporan panitia, dana untuk peringatan HAUL kali ini, mencapai 210 juta lebih. Dana bersumber dari para donatur dan dermawan, sponsor dan tentunya dari pemerintah daerah Kabupaten Ponorogo. Sebelumnya, pada acara yang dihadiri ribuan jamaah ini, juga disertai dengan pembacaan silsilah Kyai Ageng Muhammad Besari oleh Kunto Wiyono, S.pd. Sebelum akhirnya secara resmi dibuka dengan pemukulan beduk oleh wakil bupati, H. Sudjarno.

“Miliki masjid Tegalsari yang begitu bersejarah ini, kita harus bangga. Pun pula adanya tokoh Kyai Ageng Muhammad Besari yang telah tersohor. Maka dari itu adalah hal yang sangat tepat jika dalam rangka memelihara situs bersejarah itu, melestarikan dan menjaganya itu semua dengan agenda rutin tahunan semacam ini disini,” terang Wakil Bupati dalam sambutannya.

Selanjutnya disampaikan bahwa atas nama pemerintah daerah pihaknya menyampaikan banyak terima kasih kepada semua donatur, dermawan, hingga sponsor yang telah banyak membantu sehingga acara seminggu terus menerus ini bisa terselenggara dengan lancar. “Kita sadar dan akui, bahwa karena faktor anggaran yang terbatas, maka pemkab belum bisa banyak membantu anggaran agenda ini,” tambah H. Sudjarno.

Diantara agenda kegiatan dan acara yang diselenggarakan pada haul kali ini, meliputi,Pengajian, simaan alquran, lba habsy, lba hadroh, tahlil, ambengan, hingga gelar budaya. Yang akan mulai pada Jumat malam hhingga Sabtu malam, (05/08) yang akan datang. (Kominfo)

Please follow and like us:
0

About the author:

Back to Top