Warga Tajug Olah Limbah Jadi Pakan Ternak

Warga Tajug Olah Limbah Jadi Pakan Ternak

Comments Off on Warga Tajug Olah Limbah Jadi Pakan Ternak

Gambong

Siman – Desa Tajug merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo. Di Desa Tajug inilah menyimpan Situs Makam Bupati pertama di Kabupaten Ponorogo, setelah Kadipaten Ponorogo terpecah menjadi Kabupaten pada Jaman Pemerintahan Hindia Belanda.

Bila melalui jalan Jeruksing Ke timur menuju arah Pulung, tentunya angin akan mengabarkan bau limbah industri. Memang, di Tajug berdiri pabrik pengolahan Tepung Singkong.  Menurut penuturan beberapa warga, dulu persoalan bau tersebut pernah menjadi sitegang warga Ponorogo dengan pabrik.

Kini limbah pengolahan tepung atau yang biasa disebut gambong tersebut bisa menjadi sangat bermanfaat. Dan bau yang menyengat kini suah berkurang. Limbah tepung atau ampas singkong, menurut warga setempat bisa di olah menjadi campuran pakan ternak.

Hari, pengolah limbah yang sudah 6 tahun mengolah limbah gamblong menjelaskan. Pengolahan limbah tepung singkong ini cukup mudah, yakni hanya dikeringkan dengan cara di jemur sampai benar-benar kering.

“Pengolahannya cukup di jemur dikeringkan, sehingga benar benar kering,” jelas hari.

Bagi warga yang tidak memiliki ternak bisa di jual. Gamblong dari pabrik dan biaya angkut kalau dikalkulasi membutuhkan dana sekitar 350 ribu rupiah, per 1 ton basah.

“bagi warga yang tidak punya ternak, gamblong tersebut masih bias dijual dalam keadaan basah, ” Tambah Hari.

Dibutuhkan 2-3 hari untuk mengeringkannya.Sedangkan untuk memperoreh satu ton kering, gamblong atau onggok membutuhkan 4-5 ton basah.

(Kominfo/Jgo)

Please follow and like us:
0

About the author:

Back to Top