Breaking News

140 Remaja Ponorogo Bersaing Jadi Kakang Senduk

By on July 23, 2018 0 146 Views

ANTUSIASME para remaja di Ponorogo untuk menjadi Kakang Senduk yang juga duta wisata bumi reyog terus meningkat. Di 2018 ini, tidak kurang dari 253 remaja putra dan putri mendaftarkan pada ajang uji kemampuan dan talenta ini.

Ketua Panitia Pemilihan Kakang Senduk 2018 Farida Nuraini mengatakan, dari ratusan pendaftar yang masuk hingga batas akhir masa pendaftaran 21 Juli lalu ini, ternyata hanya 140 orang yang bisa melanjutkan ke babak selanjutnya. Sebanyak 113 pendaftar ditolak karena tidak memenuhi syarat. Di antaranya adalah kurang tinggi badan dan terlalu muda.

“Yang paling banyak adalah terlalu muda. Patokan kita, pesrta adalah kelahiran tahun 1999 sampai 2001. Nah, ternyata ada banyak kelahiran tahun 2002 yang ikut mendaftar. Kami mohon maaf terpaksa menolak meskipun itu sebenarnya adalah bukti antusiasme masyarakat dalam hal ini adik-adik remaja kita untuk menjadi duta wisata,” ungkap Farida di tengah uji performance peserta Seleksi Kakang Senduk 2018 di gedung Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Ponorogo, Senin (23/7/2018).

Uji performance, lanjut Farida, merupakan ujian awal bagi mereka yang lolos administrasi. Tahapan ini diikuti oleh 51 kakang atau remaja putra dan 89 senduk atau remaja putri. Totalnya 140 orang remaja dari berbagai daerah di Ponorogo.

Para peserta seleksi ada yang merupakan perwakilan dari perguruan tinggi, perwakilan sekolah, perwakilan kecamatan dan perwakilan diri sendiri.

Pada uji performance atau penampilan, terdapat tida juri yang menilai kemampuan para peserta. Mereka diminta memperkenalkan diri dengan segala kekurangan dan kelebihan.

“Setidaknya kita lihat kemampuan mereka untuk berkomunikasi karena mereka akan menjadi corong daerah untuk berbagia potensinya. Nah, dari sini paling tidak terlihat bagaimana mereka mampu mengeksplor diri sendiri,” jelas Farida.

Untuk penilaian, setelah tes performance, para peserta yang lolos akan memasuki tahap tes talenta, tes tulis sampai tes wawancara. Tes talenta akan diselenggarakan pada 25 Juli mendatang. Sedangkan tes tulis dan wawancara akan dilaksanakan pada 26 Juli.

Dari 140 peserta, akan diseleksi menjadi 15 pasang saja untuk masuk semifinal. Setelah itu, akan disaring lagi menjadi lima pasang dan akhirnya hanya ada satu pasang kakang dan senduk yang akan bertugas sebagai duta wisata. (kominfo/dist)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *