Dukcapil Ponorogo Musnahkan 65.499 Keping KTP Rusak

By on December 19, 2018 at 12:33 pm 0 1243 Views

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Ponorogo, Rabu (19/12/2018) memusnahkan 65.499 Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Ponorogo yang telah dinyatakan rusak dengan cara dibakar. Pemusnahan ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Mendagri terkait keberadaan KTP rusak atau invalid di seluruh Indonesia.

Kepala Dinas Dukcapil Ponorogo Vifson Suisno mengatakan, dari 65 ribuan KTP invalid ini, sekitar 15 ribu adalah KTP lama atau KTP yang belum elektronik. Sisanya, sekitar 50 ribu keping adalah KTP elektronik yang sudah invalid.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni menunjukkan KTP yang rusak sebelum memimpin pemusnahan 65 ribuan KTP rusak di Ponorogo pada Rabu (19/12/2018) di halaman kantor Dukcapil setempat.

“Jadi KTP yang sudah invalid itu kita tarik dan jumlahnya mencapai 65.499 keping,” ujarnya usai pemusnahan.

KTP Yang ditarik tersebut mengalami kerusakan sehingga harus diganti denga yang baru. Kerusakan itu antara lain adalah ganti administratif pencatatan, kondisi fisik KTP yang memang rusak dan mengalami penggantian dan ganti status administrasi sehingga memang harus ditarik untuk kemudian ada KTP baru dengan data baru.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni menyaksikan penandatanganan berita acara pemusnahan 65 ribuan KTP rusak di Ponorogo pada Rabu (19/12/2018) di halaman kantor Dukcapil setempat.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni yang memimpin pemusnahan menyatakan, pemusnahan ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Mendagri yang menyatakan agar KTP yang sudah tidak terpakai segera dimusnahkan.

“Permusnahan ini agar KTP-KTP yang sudah rusak itu tidak disalahgunakan. Penyalahgunaan itu macam-macam. Bisa untuk kepentingan politik, kepentingan merusak opini. Karena kasus yang KTP tercecer itu ternyata bukan tercecer tapi memang sengaja dibuang. Untuk menghindari hal seperti itu maka instruksinya adalah dibakar. Dan itu paling lambat adalah hari ini,” ungkap Bupati Ipong.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni melakukan inspaksi mendadak di kantor Dinas Dukcapil Ponorogo dan menyapa warga yang antre mengurus KTP elektroniknya, Rabu (19/12/2018).

Setelah pemusnahan, Bupati Ipong sempat melakukan inspeksi ke kantor pelayanan Dinas Dukcapil Ponorogo. Bupati sempat menanyai sejumlah warga terkait pelayanan yang diberikan oleh dinas tersebut. Saat ini, Dinas Dukcapil Ponorogo mampu melayani pencetakan KTP sebanyak 300 keping perhari dan pencetakan berkas adminduk yang lain 600 sampai 1000 layanan tiap hari. (kominfo/dist)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *