Relokasi ke Pasar Penampungan Dilakukan Saat Pergantian Tahun

By on December 26, 2018 at 3:39 pm 0 586 Views

RENCANA merelokasi para pedagang Pasar Legi Ponorogo akibat kebakaran 2017 lalu akan segera dilaksanakan. Dari beberapa usulan, malam tahun baru akan menjadi pilihan waktu untuk menempatkan para pedagang di kios-kios yang telah ditentukan.

Pembagian kapling lokasi Relokasi Pasar Legi Ponorogo oleh staf Dinas Perdagkum pada Rabu (26/12/2018).
Pembagian kapling lokasi Relokasi Pasar Legi Ponorogo oleh staf Dinas Perdagkum pada Rabu (26/12/2018).

“Hari ini (Rabu, 26/12/2/2018) staf (Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro) sedang membagi los yang ada menjadi kapling-kapling kecil. Istilahnya pengkaplingan. Ini dilakukan sambil menyelesaikan pekerjaan fisik pasar penampungan itu,” ungkap Kepala Dinas Perdagkum Ponorogo Addin Andanawarih.

Pada pasar relokasi tersebut terdapat 1.689 kios dan toko. Ada empat los pada pasar relokasi tersebut. Untuk los 1, los 2 dan los 3 yang membujur dari utara ke selatan masing-masing berkapasitas 22 toko atau kapling ukuran 2×2 meter, 326 kios besar ukuran 2×1,35 meter dan 90 kios kecil berukuran 1,6×1 meter.

Sedangkan di los 4 yang melintang dari timur ke barat menyediakan 375 kios ukuran 2×1 meter. Los 4 ini disediakan untuk pedagang dari pasar eks pengadilan 4A, eks pengadilan 4B dan eks stasiun 4C.

Addin menyatakan, pihaknya pernah merencanakan untuk memindahkan para pedagang sebelum Natal. Pertimbangannya pekerjaan selesai lebih cepat dari target. Namun para pedagang mengusulkan agar pemindahan mereka dilaksanakan setelah Natal. Hal ini karena menjelang Natal biasanya ada pembelanjaan lebih dari masyarakat.

Addin menyatakan, dari Forkopimda justru ada yang mengusulkan agar pemindahan para pedagang dilakukan pada 31 Desember mendatang.

“Ini bagus saja mengingat sesuai jadwal, pekerjaan fisik baru selesai pada tanggal 29 Desember nanti. Jadi relokasi dilakukan pas malam tahun baru,” ujarnya.

Sejumlah pekerja masih menyelesaikan pemasangan paving di lokasi Relokasi Pasar Legi Ponorogo, Rabu (26/12/2018). Targetnya, pekerjaan pembuatan pasar penampungan selesai pada Sabtu (29/12/2018).

Saat ini pekerjaan fisik memang belum selesai. Sejumlah pekerja menyatakan, finishing bangunan relokasi cukup tersendat akhir-akhir ini. Kendala terbesar adalah cuaca yang kurang mendukung. Hujan yang mulai sering terjadi membuat pekerjaan harus dihentikan.

“Kalau tidak hujan kita kebut, bahkan kita kerja sampai malam. Sampai lembur-lembur,” ungkap salah satu pekerja yang enggan disebut namanya.

Dikatakannya, saat ini progres pembangunan sudah hampir 100 persen. Los pasar sudah berdiri semua, fasilitas umum juga sudah tersedia. “Yang belum selesai tinggal pemasangan paving. Saya kita sesuai jadwal, pada 29 Desember nanti sudah selesai semuanya,” pungkasnya. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *