Jokowi Serahkan Sertifikat Tanah Wakaf Di Ponorogo

By on January 4, 2019 at 8:41 pm 0 578 Views

Dalam Kunjungan Kerja (Kunker) Presiden Joko Widodo ke Ponorogo, Jum’at (4/1) ada tiga agenda kunker yang pertama penyerahan sertifikat wakaf, meninjau proyek waduk bendo, dan penyerahan sertifikat tanah. 

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo di Masjid Ar Rahman Prayungan Sawoo Ponorogo
Jumat (4/1/2019)

Penyerahan sertifikat tanah wakaf tersebut berlangsung di Masjid Ar Rahman, Desa Prayungan, Kecamatan Sawoo. Ada 213 sertifikat tanah wakaf yang diserahkan Presiden Joko Widodo. Sertifikat tersebut diserahkan simbolis kepada pengurus sejumlah masjid, pondok pesantren, mushola atau surau yang berada di wilayah Jawa Timur.

Dalam sambutannya Presiden Joko Widodo menanyakan kepada para undangan “Mengapa sertifikat tanah wakaf untuk mushola atau surau, masjid, pondok pesantren,” tanya Presiden Jokowi.

Hal ini dilakukan untuk menghindari sengketa lahan. Karena setiap dirinya turun ke desa, dan kampung, hingga masuk masjid banyak yang mengasih informasi terkait banyaknya sengketa lahan.

Presiden RI Joko Widodo sambutan dalam rangka pembagian sertifikat tanah wakaf
di Masjid Ar Rahman Prayungan Sawoo Ponorogo Jumat (4/1/2019)

“Oleh karena itu, kita mempercepat pengurusan sertifikat tanah wakaf dan pemerintah menyiapkan dana yang bersumber dari APBN untuk mengurusnya, jadi untuk pengurusan sertifikat tanah wakaf tidak dipungut biaya di Kantor BPN,” ungkapnya.

Presiden Joko Widodo menceritakan salah satu persoalan tanah wakaf yang berada di Jakarta. Awal mulanya tanah wakaf tersebut tidak ada masalah, dan belakangan ini timbul persoalan terkait tanah wakaf tersebut.

“Dulu emang gak ada masalah, namun belakangan ini terjadi persoalan karena kawasan tersebut menjadi kawasan berkembang, dan sekarangpun harga tanah disana mencapai Rp 120 juta per meternya, oleh karena itu ahli waris mulai ngotak ngatik tanah wakaf tersebut” ceritanya. 

Persoalan tersebut gak terjadi di Jakarta saja, namun juga terjadi di daerah lain di Indonesia.

Dalam kunkernya di Ponorogo Presiden Joko Widodo di dampingi oleh Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil, Menteri PUPR Basuki Hasimuljono, Gubernur Jatim Soekarwo dan Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni. (Kominfo/fdl)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *