Jokowi Tinjau Pembangunan Waduk Bendo

By on January 4, 2019 at 9:13 pm 0 451 Views

Kunjungan Kerja (Kunker) Presiden Joko Widodo setelah penyerahan sertifikat tanah wakaf di Masjid Ar Rahman, di lanjutkan meninjau lokasi pembangunan proyek waduk Bendo, di Kecamatan Sawoo, Ponorogo. Pembangunan waduk tersebut (Bendo) sudah berjalan 77 persen dan di targetkan akhir tahun ini rampung.

Presiden Joko Widodo menuturkan, waduk ini nantinya besar manfaatnya bagi pertanian sekitar, diharapkan produktivitas para petani dapat meningkat dengan adanya pengairan dari waduk Bendo ini

Presiden RI Joko Widodo menerima penjelasan progres pembangunan waduk Bendo Kec.Sawoo Kab.Ponorogo

“Waduk Bendo ini nantinya bisa menampung 43 juta kubik air yang akan bisa mengairi kurang lebih 7.700 hektare persawahan,” ungkapnya selepas peninjauan, Jum’at (4/1/2019).

Selain berfungsi sebagai irigasi, nantinya waduk bendo ini juga bisa di manfaatkan sebagai penyediaan air baku untuk domestik dan industri. Dan juga bisa untuk pengendalian banjir di Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Madiun serta sebagai objek wisata.

Selain waduk Bendo, pemerintah juga sedang membangun sejumlah waduk lainnya di Jawa Timur. Jawa Timur merupakan salah satu lumbung padi terbesar di Indonesia, oleh karena itu sangat membutuhkan adanya waduk-waduk untuk meningkatkan pertanian.

“Ya banyak sekali waduk yang sedang kita bangun. Waduk Bendo, Waduk Tukul, Waduk Tugu, Waduk Bagong, Waduk Semantok, dan Waduk Gongseng,” ujar orang nomer satu di Indonesia 

Perlu kita ketahui bahwasannya di masa pemerintahan Joko Widodo menargetkan ada 65 waduk yang berupa 16 pembangunan lanjutan dan 49 pembangunan baru. Untuk membantu ketahanan air dan pangan Nasional. (Kominfo/fdl)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *