Seluruh Pedagang Pasar Legi Sudah Menempati Tempat Relokasi

By on January 7, 2019 at 4:11 pm 0 360 Views

Pasca akan di bangunnya pasar legi Songgolangit, ratusan pedagang yang menempati pasar legi Songgolangit sudah mulai di relokasi di eks-RSUD Hardjono sejak tanggal 2 Januari hingga 6 Januari 2019 kemarin. Menurut pantauan dari ponorogo.go.id sejak kemarin, Minggu(6/1) hingga tadi siang Senin(7/1) tidak ada aktivitas yang terlihat di pasar legi Songgolangit itu, semua pedagang sudah pindah ke tempat relokasi yang sudah disediakan oleh pemerintah daerah, dan bagunan yang berdiri itu akan diserahkan kepada BPPKAD Ponorogo untuk diappraisal dan dilelang pekerjaan pembongkarannya, dan selanjutnya akan segera dibangun pasar barunya.

Salah Satu Pedagang yang sudah mulai menempati pasar relokasi
Ribuan Pedagang Pasar Legi Sudah Menempati Pasar Relokasi

Addin Andanawarih , Kepala Dinas Perdagkum Ponorogo menuturkan untuk pembangunan pasar legi ini bersumber dari APBN yang sudah dipersiapkan oleh pemerintah pusat sebesar Rp 244 Milyar untuk pembangunan pasar legi. Sedangkan untuk pengerjaannya sendiri akan memakan waktu sekitar satu tahun.

“Rencananya akan menjadi bangunan pasar empat lantai dengan daya tampung sekitar 5 ribu pedagang,” tuturnya.

Oleh karena itu sesuai dengan syarat dari pemerintah pusat untuk pembangunan pasar legi nantinya pemerintah daerah harus menyiapkan Detailed Engineering Design (DED), melakukan analisi dampak lingkungan, hingga relokasi pedagang.

“Kami sudah mulai melakukan apa yang menjadi syarat dari pemerintah pusat. Dan nantinya bangunan lama akan di lelang melalui BPPKAD untuk dihitung. Paling lambat Januari ini pasar akan diratakan dengan tanah,” pungkasnya. (kominfo/fdl)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *