PAD Sektor Wisata Ponorogo 2018 Kelebihan 80 Persen

By on January 11, 2019 at 3:29 pm 0 904 Views

GELIAT pariwisata di Kabupaten Ponorogo terus mengalami peningkatan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Bukan hanya terjadi pertumbuhan destinasi wisata, tapi juga ada kenaikan pada Pendapatan Asli Daerah-nya (PAD).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten POnorogo Lilik Slamet Raharjo mengatakan, pada 2018 lalu hingga tanggal 31 Desember tercatat PAD dari sektor parisiwata mencapai Rp 1,45 miliar. Jumlah ini jauh di atas target PAD sektor pariwisata di 2018 yang mencapai Rp 845 juta.

“Jadi di tahun 2018 lalu kita hampir saja naik 200 persen. Lebihnya hampir 80 persen dari target,” ungkap Lilik, Jumat (11/1/2019).

Penyumbang terbanyak tetap dari wisata di kawasan Ngebel. Kawasan wisata Ngebel dinilai semakin menarik wisatawan karena mulai tumbuh juga destinasi wisata baru yang bisa didatangi selain Telaga Wisata Ngebel.

“Yang berkembang ya ada Mloko Sewu dan pemandian air hangat Tirto Usodo. Sehingga wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata Ngebel bisa melihat beberapa titik kawasan wisata dan meninap di sana. Secara otomatis, hal ini akan meningkatakan pendapatan di sektor lain seperti perhotelan, kuliner, parkir dan lainnya,” terang Lilik.

Kawasan Telaga Wisata Ngebel sendiri juga terus berbenah. Ada tiga gardu pandang yang telah dibangun dan pasti memanjakan pengunjung untuk melihat-lihat situasi waduk alami ini. Ada juga satu tugu bertulis Telaga Ngebe yang bisa menjadi titik selfie. Sebuah tulisan raksasa bertulis ‘Telaga Ngebel Ponorogo’ juga telah dipasang di utara telaga. Ada pula patung ular raksasa ‘Baru Klinthing’ yang menjadi salah satu legenda di kawasan tersebut. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *