Sungai Tambak Kemangi Tercemar? Ini Kata DLH

By on January 14, 2019 at 9:15 pm 0 279 Views


Terkait adanya laporan terhadap pencemaran sungai yang terjadi di sungai Tambak Kemangi. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Ponorogo langsung merespon terkait laporan tersebut dan melakukan pantauan di aliran sungai dan tepatnya di DAM Tambak Kemangi yang berada di Jalan Ir. Juanda,Kelurahan Tonatan, Kecamatan Ponorogo. 

Sapto Djatmiko, Kepala DInas Lingkungan Hidup menuturkan pihaknya mendapat laporan terkait adanya pencemaran sungai pihaknya langsung menggandeng Lab Mitra Data Surabaya untuk mengambil sampling dan mengecek kadar Power Of Hydrogen (PH) dan kandungan bahan berbahaya dan beracun dalam air. Karena terdapat busa di dalam aliran sungai. Untuk hasil lab sendiri bakal keluar dalam 10 hari kedepan dan dilaprkan ke DLH Ponorogo. 

“Hal ini terkait munculnya pencemaran sungai yang terjadi di sungai Tambak Kemangi dan menimbulkan busa di aliran tersebut dan kami langsung mendatangkan tim untuk menguji kadar air apakah ada zat-zat berbahaya atau tidak, nanti kita tunggu 10 hari kedepan,” ungkapnya, Senin (14/1/2019).

Sapto menambahkan pihaknya belum bisa berani menyimpulkan apakah sungai Tambak Kemangi itu sebagai pencemaran atau bukan. Namun pihaknya menduga kalau busa itu dari limbah rumah tangga dan aktifitas pencucian kendaraan. hal ini berdasarkan dari penelitan dilapangan sementara air masih dalam kondisi basa, lantaran PH menunjukkan 7.2. “Untuk penelitian di lapangan kandungan PH 7.2 jangan mengansumsikan bahwa itu pencemaran, sebelum uji lab keluar, dan itu bisa jadi dari limbah rumah tangga. Karena diwilayah kota tidak ada industri disekitar situ,” tambahnya.

Kendati belum dikatagorikan sebagai pencemaran namun munculnya busa tersebut, dapat mempengaruhi ekosistim dalam air, dan aliran air tersebut juga sebagai aliran irigasi pertanian. “Muncul busa ini bisa mengganggu komoditas didalam air, dan untuk pertanian itu bisa menghambat pertumbuhan tanaman,” pungkasnya. (kominfo/fdl)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *