PONOROGO Akan Lengkapi Kota dengan CCTV

By on January 16, 2019 at 9:38 pm 0 543 Views

KABUPATEN* Ponorogo akan terus berbenah dalam menata wilayahnya. Paling mutakhir, Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni menyatakan berencana memasang sejumlah kamera pengawas atau CCTV (Closed Circuit Television) di sejumlah titik penting di Ponorogo.

Hal ini disampaikan Bupati Ipong usai menghadiri Pencanangan Zona Integritas di Mapolres Ponorogo, Rabu (16/1/2019). Pemasangan CCTV ini merupakan bentuk dukungan operasional terhadap kinerja aparat terkait seperti kepolisian dan Dinas Perhubungan untuk memantau kondisi wilayah Ponorogo.

“Kita akan coba melihat urgensi (pentingnya) dari CCTV ini di daerah-daerah tertentu untuk bisa mengawasi kondisi sekitar. Misalnya mengawasi Aloon-Aloon, beberapa perempatan dan tempat-tempat umum penting lainnya,” ungkap Bupati Ipong.

Soal jumlah CCTV-nya, Bupati Ipong mewacanakan akan memasang 10 buah CCTV di titik-titik yang paling strategis. Pertimbangannya adalah ketersediaan dana yang terbatas. “Kalau 10 unit kan kira-kira Rp 200 juta. Kalau tidak di APBD (2019) ini ya di PAK (Perubahan Anggaran Keuangan),” tuturnya.

Bupati Ipong juga menyatakan sempat terpikir untuk membuat sebuah command center atau ruangan khusus untuk memantau Ponorogo melalui CCTV. Hal ini sudah ada di Kota Surabaya. Namun diakuinya, untuk membuat command center biayanya cukup mahal sehingga harus dipikirkan masak-masak dan dirancang sungguh-sungguh anggarannya.

Menanggapi hal ini, Kapolres Ponorogo AKBP Radiant menyatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemkab Ponorogo. Menurutnya, CCTV mulai penting untuk dipasang di Ponorogo. Hal ini untuk bisa memantau kondisi wilayah terkait adanya tindak kriminal.

“Kalau ada CCTV pengungkapan kasus kriminal yang terekam bisa lebih cepat dilakukan. Contohnya adalah pengungkapan kasus peledakan bom di Surabaya beberapa waktu lalu. Polisi sangat terbantu oleh adanya CCTV sehingga para pelakunya bisa segera terungkap,” katanya.

Polres Ponorogo sendiri sedang merencanakan untuk memasang empat buah CCTV di Ponorogo. Hanya saja AKBP Radiant belum bisa menyebutkan titik-titik yang akan dipasangi kamera pengawas tersebut. Yang pasti, daerah-daerah tersebut adalah kawasan yang padat lalu lintas atau yang rawan tindak kriminal.

“Salah satunya di Aloon-Aloon. Itu dulu ya. Lainnya nanti lah,” ujarnya. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *