Agar Pengelolaan Keuangan Selalu WTP, Ini Kata Wabup Ponorogo

By on January 18, 2019 at 9:03 am 0 323 Views

CAPAIAN pengelolaan keuangan daerah dengan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diperoleh Pemkab Ponorogo diyakini akan bisa dipertahankan. Hal ini apabila seluruh instansi di lingkungan Pemkab Ponorogo bisa memperhatikan disiplin anggaran yang ada.

“Semua harus memperhatikan siklus anggaran agar penggunaan anggaran bisa tepat waktu, tepat sasaran, tepat anggaran dan benar,” ungkap Wabup Ponorogo Soedjarno, Jumat (18/1/2018).

Wabup Soedjarno mengatakan, untuk melaksanakan ini maka sejak awal tahun seluruh jajaran di organisasi perangkat daerah (OPD) sudah menyusun action plan. Hal ini agar teknis pelaksanaan kegiatannya bisa terjadwal dengan baik.

“Tim anggaran juga harus selalu mengawasi pelaksanaan secara periodik sehingga dalam pelaksanaannya tidak ada masalah yang menghambat,” ungkapnya.

Menurut Wabup Soedjarno, salah satu jurus yang bisa dilakukan oleh seluruh OPD alias dinas-dinas agar serapan anggaran optimal adalah membaginya dalam sesuai triwulan. “Untuk triwulan pertama harus bisa menyerap 20 persen, triwulan kedua bisa menyerap 30 persen, triwulan ketiga bisa 35 persen dan di triwulan terakhir 15 persen,” ungkapnya.

Pelaksanaan kegiatan dan penyerapan anggaran ini akan dievaluasi secara periodik triwulanan. Tujuannya agar bila ada kendala bisa segera didapatkan solusinya.

“Disiplin anggaran ini adalah salah satu tolok ukur penilaian pengelolaan keuangan. Jadi kalau kita sudah enam kali berturut-turut mendapatkan predikat WTP maka seharusnya apa yang saya sampaikan sudah menjadi kebiasaan yang bagus dan jangan sampai surut,” pungkas Wabup Soedjarno. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *