Puskesmas Lakukan Cara Unik Dalam Mensosialisasikan PSN

By on January 23, 2019 at 9:50 pm 0 515 Views

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ponorogo melalui Puskesmas yang berada di beberapa Kecamatan terus menggalakkan program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) kepada masyarakat. Karena mengingat banyaknya penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Ponorogo, hal tersebut sebagai salah satu cara untuk mematikan penyebaran nyamuk aedes aegypti.

Rahayu Kusdarini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo mengungkapkan pihaknya memiliki 31 puskesmas jaringan dan seluruhnya Kepala Puskesmas untuk turun menggalakkan PSN kepada masyarakat. 

“Seluruh puskesmas sudah turun ke masyarakat untuk menggalakkan PSN dirumahnya, dan memang ada puskesmas ada lintas sektornya yang mudah diajak kerjasama dan ada yang tidak,” ujarnya, Rabu (23/1/2019)

Kendati demikian pihaknya tak sampai disitu, Irin sapaan akrab Rahayu Kusdarini ini juga sudah bilang ke Bupati untuk di buatkan surat kepada Camat seluruh Ponorogo untuk saling bersinergi dengan kepala puskesmas untuk di lakukannya gerakan PSN serentak. 

“Langkah ini kita ambil untuk memudahkan koordinasi antar lintas sektor, sehingga bisa sampai ke masyarakat,” terangnya.

Berbagai carapun di lakukan puskesmas dalam mensosialisasikan PSN ke masyarakat mulai dari siaran keliling, berpakaian menarik, hingga menyebarkan selebaran kepada masyarakat. Salah satunya ada di Puskesmas Mlarak, pihak puskesmas dalam mensosialisasikan PSN ini sedikit unik. Pasalnya mereka memakai atribut di kepala dengan tulisan Gebyar PSN dan menggunakan mobil siaran untuk sosialisasinya.

“Ya berbagai cara ini di lakukan beberapa puskesmas untuk menarik masyarakat dalam hal mensosialisasikan PSN dengan 3M,” pungkasnya.

Kejadian DBD ini tak terjadi di Kabupaten Ponorogo saja, melainkan seluruh Kabupaten yang ada di Jawa Timur. (kominfo/fdl)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *