Bupati Tetapkan KLB DBD

By on January 28, 2019 at 3:45 pm 0 521 Views

Terkait banyaknya penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) yang ada di wilayah Ponorogo. Bupati Ipong Muhclissoni tetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) pasalnya sudah ada 172 warga yang terjangkit dan 3 orang dinyatakan meninggal dunia. 

Bupati Ipong saat memimpin Rapat dengan para Camat dan Kepala Puskesmas di Ruang Bantarangin

Ipong Muhclissoni, Bupati Ponorogo menuturkan untuk kejadian DBD ini untuk wilayah Ponorogo kami tetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) dan bahkan Ipong meminta Puskesmas untuk menggratiskan biaya pengobatan khusus penderita DBD. 

“Ini tadi waktu rapat dengan seluruh Camat dan Kepala Puskesmas di Ponorogo, saya menetapkan untuk Ponorogo di tetapkan sebagai KLB, dan untuk seluruh Puskesmas yang ada di Ponorogo untuk menggratiskan biaya pengobatan khusus DBD,” ungkapnya.

Ipong juga meminta kepada Dinas Kesehatan segera lakukan pemberantasan DBD dengan cara fogging dan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). 

“Jika alat fogingnya kurang nanti akan kita anggarkan kalau tidak ada anggaran kami gunakan dana on call karena ini kejadian luar biasa jadi bisa,” jelasnya.

Di samping itu Kepala Dinas Kesehatan Rahayu Kusdarini mengungkapkan data dari dinkes ada 172 penderita yang terkena DBD dan 3 dinyatakan meninggal dunia akibat DBD. Kendati demikian pihaknya memprediksi di bulan Februari nantinya bakal turun. 

“Di akhir JanuaRi ini untuk penderita sudah mulai turun, yang tadinya rumah sakit kekurangan tempat tidur kini sudah tersedia dan jumlah penderitanya sudah turun,” ungkapnya.(kominfo/fdl)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *