Safari Reyog Kamtibmas Eratkan Hubungan Polisi dan Warga Desa Talun

By on February 13, 2019 at 7:55 pm 0 359 Views

PENDEKATAN seni reyog untuk turut menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dinilai cukup jitu untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat akan gangguan yang ada. Seperti terlihat saat Rombongan Polsek Ngebel menggelar Focused Group Discussion (FGD) dalam Safari Reyog Kamtibmas di Desa Talun, Kecamatan Ngebel, Rabu (13/2/2019).

Hadir dalam kegiatan yang digelar aula balai desa setempat Kapolres Ponorogo AKPB Radiant, para perwira pejabat utama (PJU) Polres Ponorogo bersama staf dan anggota Polsek Ngebel.Hadir pula para perangkat desa dan sekitar 300 warga Desa Talun. Dipentaskan pula tarian reyog oleh grup reyog Singo Budoyo.

Kapolres mengajak semua pihak menjaga kondisi kamtibmas yang konduisf sebab pada tahun 2019 ini akan dilaksanakan pileg dan pilpres serentak pada tanggal 17 april 2019. Sebelum pileg dan pilpres, pada Maret 2019 juga akan digelar pilkades serentak sejumlah 198 desa se-Kabupaten Ponorogo.

Kepala Desa Talun,Waroto, menyatakan sangat berterima kasih kepada pihak Polres Ponorogo yang bersedia menyambangi warga di kawasan yang cukup jauh dari perkotaan. “Semoga dengan adanya kegiatan safari reyog kamtibmas ini bisa mendekatkan masyarakat Desa Talun dengan Polri. Semakin terjalin baik kerja samanya dan wilayah Desa Talun khususnya, serta Kecamatan Ngebel selalu dalam keadaan aman dan kondusif,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Ponorogo AKBP Radiant menyampaikan, FGD adalah salah satu Program Polres Ponorogo dalam memelihara kamtibmas, mendekatkan diri antara Polri dengan masyarakat. “Juga melestarikan kearifan lokal yang dikemas dalam safari reyog kamtibmas,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut kapolres ponorogo menyampaikan bahwa tugas kita lebih banyak melaksanakan pendekatan-pendekatan dengan masyarakat. Pihaknya tidak bsoa untuk mohon saran dan masukan, permasalahan dari masyarakat yang berkaitan dengan permasalahan kamtibmas.

Kapolres mengingatkan, pada tahun 2019 ini akan dilaksanakan pileg dan pilpres serentak pada tanggal 17 april 2019. Sebelum pileg dan pilpres, pada Maret 2019 juga akan digelar pilkades serentak sejumlah 198 desa se-Kabupaten Ponorogo.

“Jadi, mari kita jaga persatuan dan kesatuan antar warga jangan sampai di tahun politik ini kita perpecah belah terkait perbedaan paham atau pilihan,” pesannya.

Dalam kegiatan tersebut juga diadakan pelayanan SIM dan pajak keliling. Tim safari reog kamtibmas juga menyerahkan sarana kontak yang diberikan kepada Kepala Desa Talun. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *