Para Polisi Ponorogo Apel Sampah

By on February 21, 2019 at 6:02 pm 0 330 Views

KEAMANAN dari kriminalitas dan pelangaran hukum di tengah warga memang menjadi tanggung jawab utama para polisi. Namun, hari ini, Kamis (21/2/2019), para polisi di Ponorogo berperan lain. Mereka menjadi pasukan keamanan dari sampah-sampah yang berserakan.

Inilah yang dilakukan oleh puluhan anggota Polres Ponorogo dan jajaran serta sejumlah anggota TNI Kodim Ponorogo. Sejak pagi hingga siang hari mereka melakukan apel dan kerja bakti dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2019. Kegiatan ini dipusatkan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Mrican, Kecamatan Jenangan. Temanya ‘Kelola Sampah Untuk Hidup Sehat, bersih dan Bernilai’.

Kapolres Ponorogo AKBP Radiant turun langsung dalam kegiatan apel dan kerja bakti Hari Peduli Sampah nasional 2019 di TPA Mrican, Kamis (21/2/2019).

Pasukan yang dipimpin langsung oleh Kapolres POnorogo AKBP Radiant ini melakukan pembersihan di sekitar TPA. Mereka mengambil sampah yang berserakan di tepi-tepi TPA. Mereka juga menata sejumlah tanaman yang ada agar lebih rapi.

“Kita melaksanakan apel ini karena kita peduli pada keberadaan sampah. Kita harus menyadari bahwa Indonesia masuk pada urutan kedua negara penghasil sampah terbesar di dunia. Untuk itu upaya yang harus bersama sama kita lakukan yaitu dengan cara mengelola sampah ini dengan baik. Baik itu sampah organik maupun sampah non-organik,” ungkap AKBP Radiant di sela kegiatan.

Ia menyatakan, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi sampah adalah dengan memilah sampah agar bisa didaur ulang. Pemilahan bisa dimulai dari tempat kerja maupun rumah. Memisahkan antara sampah organik dan non-organik supaya memudahkan pihak lingkungan hidup untuk upaya mendaur ulang.

“Kita sebagai warga yang peduli dengan kesehatan berarti kita harus bisa dan mampu membantu dinas terkait dengan cara membuang sampah pada tempatnya,” terangnya.

Kapolres Ponorogo AKBP Radiant dan para pejabat utama Polres Ponorogo, sejumlah anggota, personel Kodim Ponorogo dan pasukan hijau dari Dinas Lingkungan Hidup Ponorogo berfoto bersama di sela apel dan kerja bakti Hari Peduli Sampah nasional 2019 di TPA Mrican, Kamis (21/2/2019).

Diterangkannya, sampah-sampah yang ditimbun dalam jumlah besar di TPA bisa saja menimbulkan ledakan. Hal ini diakibatkan oleh reaksi pembusukan yang menghasilkan uap atau gas panas. Gas panas ini bila terkena percikan api bisa menjadi ledakan.

“Pemerintah sudah berusaha melakukan pengurangan sampah non-organik. Salah satunya yang bisa kita lihat adalah dengan mengurangi pemakaian kantung saat berbelanja,” tuturnya.

Selain kerja bakti, Kapolres juga melakukan penyerahan secara sinbolis tempat sampah kepada petugas dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ponorogo.

“Kegiatan ini juga diharapkan menjadi motivasi kepada seluruh masyarakat untuk lebih peduli dengan lingkungan hidup demi generasi penerus dan menyelamatkan bumi,” pungkasnya. (kominfo/dist)

  Umum
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *