Warga Patihan Kidul Sulap Sampah Plastik Jadi Pupuk

By on February 21, 2019 at 4:46 pm 0 192 Views

Banyaknya sampah plastik dan popok yang menumpuk di rumah Wawan (35 tahun) warga Desa Patihan Kidul, Kecamatan Siman, membuat dirinya berinovasi dalam hal pengolahan sampah. Hal ini dikarenakan karena jarak dari rumahnya ke tempat pembuangan sampah sementara jauh. 

Pengalaman dari bapak dua orang anak ini dalam hal pengolahan sampah ini berawal pada saat dirinya magang di Jepang. Ia menceritakan bahwasannya satu rumah disana memiliki tempat pengolahan sampah sendiri. 

“Saya dapet teori ini semasa saya magang di Jepang, dan sewaktu saya pulang saya aplikasikan dirumah,”ungkapnya, Kamis, (21/2/2019). 

Menurut pantauan ponorogo.go.id tempat pengolahan sampah ini tak memerlukan banyak tempat, hanya satu meter kali satu meter yang digunakan. 

Tempat pengolahan tersebut terbuat dari batu bata yang disusun serta besi cor di atasnya, sistem kerja dari tempat pengolahan sampah ini dengan cara dibakar dan menghasilkan abu. 

“Karena plastik sulit untuk diolah, kemudian saya ciptakan tempat pengolahan sampah ini, dan mengasilkan abu, dan nantinya abu tersebut bisa digunakan untuk pupuk tanaman,” tambahnya.(kominfo/fdl)

  Umum
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *