KPU Gelar Pendidikan Pemilih Kepada Disabilitas

By on February 27, 2019 at 9:04 pm 0 145 Views

Pesta demokrasi tahun 2019 harus di rasakan oleh seluruh masyarakat di Indonesia. Tak terkecuali bagi masyarakat disabilitas, mereka juga memiliki hak pilih seperti masyarakat lainnya.

Hari ini, Rabu(27/2/2019) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ponorogo menggelar sosialisasi tentang pemilihan umum yang akan di gelar tanggal 17/4/2019 serentak se-Indonesia di  Panti Asuhan Tunanetra Aisyah.

Praktek menyoblos dengan menggunakan template Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim yang sudah ada huruf brailenya

Menurut pantauan dari Ponorogo.go.id para peserta yang terdiri dari penyandang tunanetra yang sudah memiliki hak pilih sangat antusias mengikuti sosialisasi dan simulasi yang di adakan KPU Ponorogo. Banyak pertanyaan yang mereka ajukan kepada narasumber yang hadir pada acara tersebut.

Teguh Wiyono, Komisioner KPU mengungkapkan sosialisasi dan simulasi ini untuk mengenalkan cara milih ketika berada Di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nantinya (17/4/2019).

“Kemarin waktu pemilihan Guberner dan Wakil Gubernur kita juga adakan sosialisasi seperti ini tata cara memilih, dan ini kita ulang kembali karena adanya pemilih pemula dan mungkin ada yang sudah lupa,” ungkapnya

Teguh juga menjelaskan untuk para penyandang tunanetra ini, surat suaranya juga khusus. Ada huruf brailenya untuk para penyandang tunanetra ini membaca.

“Surat suaranya nanti juga ada perbedaaan, disitu juga ada huruf brailenya untuk membaca paslon. Dan untuk simulasinya kali ini kami menggunakan template pada waktu pilihan Gubernur dan Wakil Guberner yang lalu karena pilihan jumlah Paslonnya sama,” jelasnya.

Sementara itu untuk daftar pemilih di Panti Asuhan Tunanetra tersebut berjumlah 20 orang pemilih. (Kominfo/fdl)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *