Hujan Semalaman, Tanggul Sungai Sono Jebol

By on March 6, 2019 at 5:25 am 0 258 Views

Curah hujan yang cukup tinggi yang terjadi wilayah Ponorogo di mulai sore kemarin, Senin, (4/3) hingga hampir tengah malam membuat volume air sungai di wilayah Ponorogo menjadi tinggi. Bahkan mengakibatkan tanggul sungai Sono yang berada di Desa Ngadisanan, Kecamatan Sambit Jebol.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ponorogo, Imam Basori mengatakan dari pukul 19:00 WIB sampai jam 2 pagi hari terjadi hujan yang merata untuk wilayah Ponorogo.

Warga Bergotong royong membenahi tanggul yang jebol

“Untuk intensitas curah hujan yang tinggi terjadi di wilayah timur Ponorogo. Khususnya Sambit sehingga menyebabkan tanggul sungai sono jebol,” ungkapnya, Selasa (5/3).

Basori menjelaskan jebolnya tanggul akibat volume air disungai sangat tinggi sehingga sungai sampai meluap. “Ini volumennya air tinggi, dan debit air sangat desar, tanggul tak bisa menahan derasnya air akhirnya jebol,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi sementara pihaknya dibantu warga Ngadisanan bergotong royong untuk membetulkan kembali tanggul sungai sono yang jebol.

“Ini untuk mencegah terjadinya luapan air seperti tadi malam yang sempat menggenangi beberapa rumah warga Ngadisanan,” pungkasnya. 

Basori juga berpesan kepada masyarakat untuk terus tingkatkan kewaspadaan dan selalu berhati-hati karena cuaca hujan lebat akan terjadi selama satu minggu kedepan.(Kominfo/fdl)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *