Alun-alun Salah Satu Penyangga Wisata Ponorogo

By on March 10, 2019 at 1:29 am 0 663 Views

Tentang perijinan penggunaan alun-alun sudah di atur dalam Peraturan Bupati (Perbup) No. 11 tahun 2015 tentang retribusi jasa usaha dan untuk tarifnya ada perubahan di Perbup No. 32 tahun 2016. Siapa saja boleh menyewa alun-alun Ponorogo. Akan tetapi bila mana ada kerusakan pihak penyewa harus bisa mengembalikan seperti semula, seperti yang di ungkapkan Addin Andhanawarih, Kepala Perdagkum Kabupaten Ponorogo.

Addin menjelaskan alun-alun bisa di pergunakan siapa saja, tetapi harus punya tanggung jawab mengembalikannya kembali seperti semula. Seperti event yang berlangsung Sabtu (9/3/2019) yang menggunakan alun-alun untuk hiburan. Pihak panitia pun pada saat menyewa sudah membuat surat pernyataan kesanggupan atas perbaikan bilamana terjadi kerusakan.

Addin Andanawarih,Kepala Dinas Perdagkum Kabupaten Ponorogo ( tengah), (foto: indakop.ponorogo.go.od)

“Mereka waktu menyewa sudah kami sodorkan surat penyataan atas perbaikan bila terjadi kerusakan dan bertandatangan di atas materai,dan mereka (pihak Panitia, red) menyanggupi, ” Ungkapnya. Sabtu (9/3/2019).

Salah satu pertimbangan Addin untuk ijin acara hari ini melihat acara tersebut  tidak berbayar, dan bisa meningkatkan kreatifitas, hiburan, serta meningkatkan ekonomi masyarakat Ponorogo terutama di sekitar alun-alun Ponorogo. Serta tetap mengedepankan fungsi alun-alun sebagai ruang publik.

“Event ini berskala Nasional dan mampu menyedot wisatawan serta bisa meningkatkan ekonomi masyarakat Ponorogo, terutama di alun-alun, dan tetap mengedepankan fungsi alun-alun sebagai ruang publik,” tambahnya.

Lebih lanjut Addin juga mengungkapkan kepada ponorogo.go.id bahwasannya menurut pantauan dari stafnya ada beberapa paving yang mengalami kerusakan, dan pihak panitia sudah di komfrimmasi siap memperbaiki kerusakan tersebut.

“Laporan staff saya ada beberapa paving yang rusak, panitia siap memperbaiki seperti semula, dan untuk area timur nanti juga akan di urug lagi, semua itu bisa mulai dikerjakan senin karena harus mendatangkan material,” jelasnya.

Addin juga menerangkan ini merupakan salah bentuk dukungan untuk menyukseskan tahun kunjungan wisata tahun 2019. Oleh karena itu pihaknya memberi ijin promotor untuk membikin event di Ponorogo dan mampu menyedot wisatawan yang datang ke Ponorogo, salah satunya event hari ini untuk pesertanya sekala Nasional, bahkan mampu menarik perhatian Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak untuk datang ke event malam ini.

Emil Elistianto Dardak Wagub Jawa Timur berbincang dengan pedagang di alun – alun Ponorogo

“Ini salah satu bentuk dukungan untuk sukseskan tahun 2019 sebagai tahun kunjungan wisata, terbukti dari beberapa event yang digelar di Ponorogo mampu menyedot wisatawan luar Ponorogo,” pungkasnya. (Kominfo/fdl)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *