Wayang Berpotensi Jadi ‘Ponggok’ Kedua

By on March 20, 2019 at 9:27 pm 0 355 Views

*DESA* Wayang di Kecamatan Pulung, Ponorogo, akan terus berbenah menuju sebuah desa wisata. Sumber air dari kawasan tangkapan hujan di bagian atas desa ini sangat berpotensi untuk menjadi wisata air seperti di Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah.

Kades Wayang Wahyu Gito saat memaparkan rencananya di sela sambutan dalam kegiatan Penghijauan dan Bakti Sosial Peringatan HPN 2019 PWI Ponorogo, Rabu (20/3/2019) yang dipusatkan di Desa Wayang, Kecamatan Pulung.

Kepala Desa Wayang Wahyu Gito, di sela Penghijauan dan Bakti Sosial dalam rangka Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 PWI Ponorogo, Rabu (20/3/2019) mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya sudah melakukan studi banding. Ia bersama beberapa warga yang berkompeten mendatangi kolam renang anak di Desa Jumog, Karanganyar, Jawa Tengah.

Sumber Air Mbeji Sorodipo di Desa Wayang yang akan sgera dikelola sebagai wahana air Desa Wisata Wayang.

Dari studi banding tersebut, tim ini menyimpulkan bahwa Wayang sangat memungkinkan untuk dikelola menjadi desa wisata berbasiskan air dan produk pertanian serta produk perikanan.

“Untuk pertanian sudah terorganisasi dengan baik. Perikanan dan peternakan juga begitu. Dan kami punya tiga sumber air yang cukup besar yang bisa dimanfaatkan. Maka tahun depan, hal ini yang akan kami upayakan untuk bisa menjadi wisata,” tuturnya.

Bahkan, kata Wahyu Gito, ia bersama masyarakat juga siap untuk memproduksi air kemasan dari sumber air yang ada. Tentunya dengan berbagai studi dan penelitian terlebih dahulu.

“Ide-ide ini muncul sebagai tindak lanjut dari kunjungan kami bersama pak Bupati (Ponorogo, Ipong Muchlissoni) ke Klungkung, Bali, beberapa waktu lalu. Kami ingin mewujudkan Wayang sebagai Desa Wisata,” ungkap Wahyu.

Hal senada diungkapkan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ponorogo Ade Hadi Sanyoto. Menurutnya, rencana warga Desa Wayang untuk mengelola sumber mata air menjadi kolam renang anak sangat positif. Terutama bila lokasi yang dijadikan tempat pelaksanaan puncak peringatan HPN 2019 PWI Ponorogo, yang di sekitar lokasi mata air Mbeji Sorodipo, bisa menjadi lokasi wisata bagi warga Ponorogo dan sekitarnya.

“Dengan begitu tidak hanya bermanfaat bagi pengguna air, tapi juga memberikan kesejahteraan. Maka dari itu, mari kita tingkatkan kesadaran untuk menjaga kelangsungan lingkungan hidup agar sumber air yang ada tetap lestari. Wayang, saya pikir berpotensi jadi Ponggok (Klaten, Jawa Tengah) kedua. Sebuah desa wisata dengan wahana air yang sangat indah dan didatangi oleh pengunjung dari berbagai daerah,” tuturnya. (kominfo/dist)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *