Kampanye Terbuka Dimulai, KPU : Waspada Provokasi

By on March 23, 2019 at 7:54 pm 0 245 Views

KAMPANYE terbuka dalam tahapan Pilpres dan Pileg 2019 dijadwalkan berlangsung 24 Maret sampai 13 April 2019 mendatang. Pesta politik dipastikan semakin riuh. Karena itu, masyarakat dihimbau untuk waspada terhadap hadirnya provokasi yang bisa menganggu stabilitas kondisi kamtibmas di tengah warga.

Pasukan Dalmas Polres Ponorogo yang siap mengatasi situasi keamanan selama kampanye hingga pasca pemungutan suara pileg dan pilpres 2019 nanti.
Ketua KPU Ponorogo Ahmad Fauzi Huda.

“Dengan tahapan kampanye terbuka ini maka akan sering dilaksanakan rapat umum (dengan pengerahan massa). Itu bakal jadi wahana bagi masyarakat untuk bertatap muka dengan para calon (anggota legislatif, presiden) dan mendapatkan informasi sebagai pertimbangan dalam memilih nantinya,” ungkap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ponorog Ahmad Fauzi Huda, Sabtu (23/3/2019).

Namun Ahmad Fauzi mengingatkan, tahapan ini juga harus mendapatkan perhatian dari masyarakat. Sebab, akan semakin banyak informasi yang beredar di tengah mereka.

“Maka, masyarakat harus lebih waspada. Terutama terkait adanya provokasi atau hoax yang bisa membuat kondisi yang kondusif menjadi tidak aman, tidak stabil. Jangan mudah terprovokasi oleh isu-isu yang akan mengganggu kenyamanan kita dalam bermasyarakat ini,” ujarnya.

Ditambahkannya, selama 21 hari masa kampanye terbuka ini, ada 22 lokasi di 21 kecamatan di Ponorogo yang akan menjadi tempat penyelenggaraan rapat-rapat umum dengan mendatangkan masa pendukung dan simpatisannya. Tempat-tempat ini sudah ditentukan. Parpol maupun tim kampanye pilpres tidak diperkenankan melaksanakan rapat umum dalam rangka kampanye di luar ke-22 lokasi tersebut.

KPU Ponorogo sendiri sudah berkoordinasi dengan parpol pendukung para caleg dan capres terkait hal ini. Yaitu untuk teknis pelaksanaan rapat umum tersebut. Mereka juga berkoordinasi untuk penjadwalan kampanye tersebut.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan terkait hal ini. Juga dengan pihak terkait lain seperti Bawaslu Ponorogo,” tuturnya. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *