Ruas Mlilir-Semanding Segera Diperbaiki

By on March 25, 2019 at 8:04 pm 0 289 Views

JALAN di ruas Mlilir-Semanding, Kecamatan Jenangan, akan segera diperbaiki dengan perkerasan cor dan hotmix. Pekerjaan ini sedang dalam perancangan dan akan segera dilelang untuk dilaksanakan kegiatannya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Kabupaten Ponorogo Jamus Kunto Purnomo, Senin (25/3/2019) mengatakan, pekerjaan perbaikan di ruas ini akan segera masuk ke Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Ponorogo untuk dilelang. Panjang jalan yang akan diperbaiki sekitar 1,8 kilometer. Kerusakan parahnya sendiri sebenarnya hanya 700 meter saja.

“Perbaikan ini akan segera masuk ULP akhir Maret. Kalau lelang selesai sesuai jadwal, yaitu 17 sampai 18 hari, maka pertengahan April bisa dilaksanakan pekerjaannya,” terang Jamus.

Anggaran untuk pekerjaan ini mencapai sekitar Rp2,9 miliar. Pekerjaannya meliputi perkerasan sejumlah bagian dengan model cor dan pelapisan dengan aspal hotmix.

“Kita akan perbaiki strukturnya dulu. Jadi ada bagian yang perlu dipondasi cor, maka akan dicor baru dilapisi hotmix. Yang sudah bagus (pondasinya) akan langsung dihotmix,” ungkap Jamus.

Soal penyebab kerusakan, selain usia jalan, Jamus menyebut ada dua hal utama yang membuat ruas ini mengalami kerusakan. Yang pertama adalah prasana jalan berupa saluran air di kiri kanan jalan yang kurang baik. Hal ini mengakibatkan air hujan saat intensiatasnya tinggi akan melimpas ke jalan dan membuat aspal terkelupas.

“Faktor yang kedua dari kerusakan adalah muatan angkutan barang yang melintas di ruas itu tergolong berat. Ruas Mlilir-Semanding ini kan merupakan jalan untuk truk yang ke dan menuju Desa Kemiri, Ngrogung, Wates dan Paringan itu kan termasuk daerah tambang. Ya tambang galian C. Dan maaf, kadang kawan-kawan sopir truk memuatnya agak kelebihan,” kata Jamus.

Perkerasan hanyalah salah satu solusi. Sebab jalan akan awet bila muatan kendaraan yang melintas tidak melebihi kekuatan jalan. Diharapkan ada kesadaran semua pihak untuk turut memelihara jalan dengan tidak memuat beban di truk atau alat angkutan lainnya sampai melebihi kapasitas kendaraan apalagi melebihi kekuatan jalan. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *