Cuaca Didominasi Hujan Angin Kencang dan Petir, BPBD Himbau Warga Waspada

By on March 28, 2019 at 4:13 pm 0 289 Views

WARGA Ponorogo diminta waspada terhadap kondisi cuaca satu pekan ini. Hal ini karena prakiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika menyebut akan terjadi hujan disertai angin dan petir di sejumlah titik di Jawa Timur. Cuaca ini juga akan terjadi di Ponorogo.

Sebuah pohon di tepi Jalan Raya Jetis-Ngasinan masuk persawahan Desa Tegalsari, Jetis, tumbang. Hal ini sempat membuat arus lalu lintas di titik tersebut mengalami kemacetan.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo, Setyo Budiono, Kamis (28/3/2019) mengatakan, sesuai dengan informasi dari BMKG, pada sepekan ini di Ponorogo memang berpotensi hujan sedang lebat. Hujan ini bisa disertai angin dan petir pada waktu-waktu tertentu.

“Di wilayah Ponorogo prakiraan cuacanya adalah hujan dan angin kencang kurang lebih sampai satu pekan ke depan,” ungkapnya.

Menurutnya, hal ini tentunya harus diwaspadai. Apalagi sudah terbukti beberapa kali pohon tumbang terjadi di beberapa wilayah. Bahkan, angin kencang menimpa beberapa rumah. Di antarnaya di Kecamatan Jambon dan Kecamatan Mlarak beberapa waktu lalu.

“Sehingga dalam hal ini kami menghimbau warga masyarakat waspada. Kalau di sekitar rumah ada pohon yang lapuk sebaiknya ditebang saja. Lalu, ketika hujan jangan berteduh di bawah pohon. Bahaya petir. Atau kalau hujan deras dan angin, buat yang sedang naik kendaraan, lebih baik minggir sebentar sampai kondisi reda atau aman,” ujarnya.

Hal ini untuk mengurangi terjadinya resiko atas cuaca yang tidak bergitu bersahabat. Meskipun tidak terjadi secara merata, namun kondisi ini harus menjadi perhatian warga agar tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Pada Kamis (28/3/2019) siang, sebuah pohon jenis akasia di tepi Jalan Raya Jetis-Ngasinan masuk persawahan Desa Tegalsari, Jetis, tumbang. Pohon dengan diameter sekitar 0,5 meter tersebut diduga tersambar petir. Akibatnya, batang pohon sempat menutupi jalan dan menimbulkan kemacetan lalu lintas. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Sebanyak enam personel Polsek Jetis, dus personel anggota Koramil Jetis dan empat personel BPBD Ponorog dibantu warga melaksanakan pembersihan pohon tumbang serta melakukan pengaturan lalu lintas sehingga arus lalu lintas lancar kembali. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *