Lahan Rata, Pembangunan Kembali Pasar Legi Tunggu Badan Khusus Kementerian PU-PR

By on April 5, 2019 at 4:47 pm 0 611 Views

PEMBANGUNANkembali gedung Pasar Legi Ponorogo akan segera dilaksanakan. Proposal dari Pemkab Ponorogo telah disetujui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Pelaksanaannya tinggal menunggu lengkapnya instansi bentukan KemPU-PR yang bertugas melakukan pembangunan.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Perdagkum) Kabupaten Ponorogo Addin Andhanawarih, Jumat (5/4/2019) di kantornya mengatakan, saat ini lahan Pasar Legi sudah rata dengan tanah. Pekerjaan pembongkaran sudah mencapai  nol persen.

Untuk pembangunannya, Pemkab Ponorogo menunggu kelengkapan struktur organisasi untuk sebuah badan yang memiliki tugas dan fungsi melaksanakan pembangunan sejumlah proyek. Lembaga ini berada di bawah Kementerian PU-PR yang akan diisi personel dari berbagai jajaran terkait.

Lahan Pasar Legi yang sudah rata dan siap untuk pelaksanaan pembangunan kembali gedung pusat perekonomian rakyat bumi reyog.

“Jadi ada lembaga yang isinya bisa dari Perdagkum, dari Dinas Pendidikan atau dari instansui lain. Nah, kita (Ponorogo) masuk zona tengah. Pejabatnya sudah dilantik oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Yaitu sejumlah pejabat eselon II di jajaran Kementerian PUPR RI. Yang belum terbentuk adalah struktur di bawahnya seperti sekretariat dan staf teknis lainnya. Kalau itu sudah terbentuk, ya kita langsung jalan (melaksanakan pembangunan),” papar Addin.

Untuk anggaran, kata Addin, pembangunan gedung Pasar Legi mencapai Rp 237 miliar. Jumlah ini lebih sedikit dari proposal yang diajukan Pemkab Ponorogo yang sebesar Rp 244 miliar. Hal ini karena adanya berbagai review teknis dari KemenPU-PR.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Perdagkum) Kabupaten Ponorogo Addin Andhanawarih

“Nanti pekerjaannya akan dibagi dua tahap. Tahap pertama dan kedua seperti apa masih dalam pembahasan. Tapi DED sudah dibagi menjadi dua karena memang untuk bangunan empat lantai butuh waktu yang lebih dari rencana semula yang satu tahun (12 bulan),” jelasnya.

Bila badan di bawah KemenPU-PR ini terbentuk, maka dalam waktu dua hingga tiga bulan, pembangunan gedung Pasar Legi bisa segera dimulai. “Sesuai rencana, maka pada 2020 nanti Insya Allah gedungnya selesai,” pungkasnya. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *