Jelang Pilkades Serentak, Wabup Beber Calon Yang Pantas Dipilih

By on May 17, 2019 at 1:40 pm 0 183 Views

PESTA demokrasi tingkat desa yang akan segera digelar serentak untuk 198 desa di Ponorogo menjadi perhatian khusus Pemkab Ponorogo. Kegiatan ini adalah ajang pemilihan pimpinan terbaik bagi para warga. Dan, ternyata Wakil Bupati Ponorogo Soedjarno punya calon-calon kepala desa alias cakades yang layak untuk dipilih.

Menurut orang nomor dua di Ponorogo ini, ada beberapa calon yang layak untuk dipilih menjadi kepala desa. “Tentunya (cakades) yang dipilih adalahyang memiliki sifat amanah,” ungkapnya usai melaksanakan Safari Ramadhan 2019/1440 H di Masjid Al Ma’sum Pohggong, Desa Sambilawang, Kecamatan Bungkal, Kamis (16/5/2019) malam.

Safari Ramadhan 2019/1440 Pemkab Ponorogo di Masjid Al Ma’sum Pohggong, Desa Sambilawang, Kecamatan Bungkal, Kamis (16/5/2019) malam ditutup dengan doa bersama.

Berikutnya adalah cakades yang bisa menyejahterakan warganya dan bisa berbuat adil dalam memimpin. “Pemimpin itu harus bisa menciptakan kondisi yang lebih baik. Baik kondisi ekonomi yang itu artinya ada kemakmuran maupun kondisi lain di desa yang dipimpin,” ulasnya.

Yang tidak kalah penting adalah cakades yang mau untuk maju. Maju ini, katanya, berarti sang pemimpin bisa mengikuti berbagai hal yang terus berkembang untuk kemajuan wilayahnya.

“Saat ni semua berkembang dengan begitu cepat, maka pemimpin yang baik harus bisa merespons ini,” tuturnya.

Selain itu, kades terpilih tidak boleh terlena dengan pengelolaan dana desa maupun alokasi dana desa (DD dan ADD) yang jumlahnya besar. Kades harus selau mengikuti perkembangan yang ada terkait pengelolaannya. Mulai dari besaran sampai aturan-aturan yang mungkin sudah ada perubahan.

Wabup Ponorogo Soedjarno menyaenyerahkan bantuan kepada takmir Masjid Al Ma’sum Pohggong, Desa Sambilawang, Kecamatan Bungkal, Kamis (16/5/2019) malam pada melaksanakan Safari Ramadhan 2019/1440 Pemkab Ponorogo.

“Ketika ada aturan baru, kades nantinya harus cepat menanggapi sehingga tidak ada kesalahan,” kata Wabup Soedjarno.

Meski begitu, lanjutnya, pilihan ada di tangan warga. Warga di masing-masing desa adalah orang-orang yang sangat memahami karakter, sifat dan sikap setiap cakades di desanya. Dukung-mendukung karena kerabat, saudara atau kawan adalah hal yang wajar. (kominfo/dist)

“Nah, yang terpenting, menjelang dan setelah pilkades suasana tetap rukun, tetap akur. Songsong pilkades ini dengan gembira,” ujarnya. Di Kecamatan Bungkal sendiri, akan dilaksanakan pilkades di 16 desa dari 19 desa yang ada di kecamatan tersebut.

Pada Safari Ramadhan kali ini tersebut Wabup Soedjarno menyerahkan bantuan sebesar Rp 10 juta kepada takmir masjid. Juga dilaksanakan penyerahan bantuan rak mukena dari Baznas Kabupaten Ponorogo dan sebuah bingkisan dari Bank Jatim. (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *