Banjir dan Longsor, Wabup Ponorogo Kumpulkan Pimpinan OPD dan Prajurit Kodim

By on May 22, 2019 at 4:32 pm 0 188 Views

BENCANA alam banjir dan longsor menerpa Ponorogo, Rabu (22/5/2019) pagi. Tanpa pikir panjang, Wakil Bupati Soedjarno pun langsung mengumpulkan para kepala dinas yang terkait. Para prajurit dari Kodim 0802 Ponorogo pun bersiaga.

Puluhan meja pun segera ditata. Semua perangkat komunikasi disiapkan. Para prajurit berbagai kepangkatan dikerahkan. Peta daerah disiapkan.

Wakil Bupati segara memimpin rapat yang digelar di Pendopo Agung Kabupaten Ponorogo pada jelang tengah hari. Seluruh peserta rapat segera memaparkan kekuatan yang dimilikinya. Satu demi satu peta kekuatan diurai untuk menanggulangi bencana yang terjadi sesegera mungkin dengan korban sesedikit mungkin.

Wabup Ponorogo Soedjarno saat memimpin simulasi rapat kebencanaan di aula Kodim Ponorogo dalam Latihan Posko I di Aula Yudha Makodim Ponorogo, Rabu (22/5/2019).

Inilah yang terjadi pada Latihan Posko I atau tugas Pembantuan Bencana yang dilaksanakan oleh Kodim 0802. Sejak Selasa (21/5/2019), serangkaian simulasi terus digelar. Komandan Kodim 0802 Ponorogo Letkol Infanteri Made Sandy Agusto menyatakan, hal ini adalah upaya meningkatkan profesionalisme para prajurit TNI AD di wilayahnya. Terutama dalam melaksanakan operasi kemanusiaan dalam tugas kebencanaan.

“Kegiatan ini adalah program dari TNI AD dalam tugas kemanusiaan membantu Pemkab di satuan komando kewilayahan di daerah masing-masing. Kegiatan dan materinya berjenjang. Saat ini Posko I yaitu latihan unsur komandan, yaitu komandan Kodim dan stafnya di makodim dengan perintah dari komando atas dan terus ke bawah dalam rangka mengumpulkan informasi bencana yang terjadi,” terangnya.

“Sehingga nantinya akan bisa menyusun tugas pokok selain penanggulangan bencananya sendiri,” lanjutnya.

Di waktu mendatang akan digelar Posko II yang akan melibatkan pihak terkait sampai latihan bersama dan Posko III yang akan sampai pada materi simulasi bencana bersama seluruh pihak penanggulangan bencana di lokasi sesungguhnya.

“Intinya meningkatkan profesionalisme para prajurit TNI AD dalam penanggulangan bencana,” ungkapnya.

Wabup Ponorogo Soedjarno saat meninjau lokasi Posko Pengendali Bencana dalam Latihan Posko I di Aula Yudha Makodim Ponorogo, Rabu (22/5/2019).

Wabup Ponorogo Soedjarno yang turut hadir dan mengikuti skenario latihan mengaku sangat mengapresiasi latihan yang digelar Kodim Ponorogo. Apalagi, Ponorogo memang berada di kawasan yang rawan berbagai bencana seperti banjir dan longsor. Dinas yang terkait pun sangat serius mengikuti latihan ini.

“Karena itu kita sangat mendukung dan sangat menghargai latihan ini. Ini bagus sekali. Dengan begitu nantinya kita semua akan sangat siap dalam menghadapi bencana yang mungkin akan terjadi,” ungkapnya usai memimpin ‘rapat’ bersama hampir seluruh unsur kebencanaan di Kabupaten Ponorogo.

Wabup Soedjarno juga sempat meninjau Aula Yudha Makodim Ponorogo yang menjadi lokasi Posko Pengendalian Bencana Kodim Ponorogo. Tampak beberapa kali Wabup Soedjarno manggut-manggut dan tersenyum melihat kesibukan para perwira, bintara hingga tamtama serta PNS Kodim yang melakukan berbagai koordinasi dalam latihan dan simulasi tersebut. (kominfo/dist)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *