UPT Terminal Seloaji Rutin Lakukan Ramp Check Jelang Arus Mudik

By on May 27, 2019 at 2:24 pm 0 226 Views

Arus mudik sudah mulai terasa di terminal Seloaji. Hilir mudik bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) sudah terasa di terminal type A Kabupaten Ponorogo. Hal ini membuat UPT terminal seloaji memperketat pemeriksaan angkutan umum khusus bus.

Kepala UPT terminal Seloaji, Hadi Suhardana mengatakan armada bus yang kedapatan melanggar aturan dan tidak layak jalan, tidak diizinkan masuk ke dalam terminal atau bahkan dikeluarkan dari terminal.

Kepala UPT Terminal Seloaji lakukan cek kelayakan ban armada bus

“Kalau bus itu terlihat tidak masuk kriteria kelayakannya, ya langsung kami keluarkan,” ungkapnya, Senin (27/5/2019)

Ketidaklayakan bus bisa dicek melalui ban yang digunakan, salah satunya bus tersebut menggunakan ban vulkanisir atau daur ulang. Ditambah lagi ban cadangan yang disediakan menggunakan vulkanisir.

Apalagi ini menjelang lebaran seperti ini, menurutnya banyak bus cadangan yang jarang keluar dari garasi kemudian asal dijalankan. Sehingga banyak bus yang Surat Tanda Uji Kendaraan (STUK) telah kadaluarsa.

“Ya kadang mereka mengkanibal onderdil dengan yang sering jalan setiap harinya. Oleh karena itu kami rutin lakukan Ramp Check setiap harinya,” tambahnya.

Hadi juga menjelaskan untuk jumlah bus AKDP dengan jurusan Surabaya saja ada 130-an armada bus yang masuk terminal seloaji, sedangkan untuk bus AKAP ada 60-an armada bus.

“Dari jumlah bus tersebut setiap minggunya selalu ada saja yang kami keluarkan dari terminal ¬†karena tidak layak,” jelasnya.

Armada bus yang dikeluarkan nantinya tidak akan diperbolehkan kembali mengambil penumpang dari terminal, sebelum lolos dari ramp check yang dilakukan oleh petugas terminal.

“Setelah lolos dari uji Ramp Check nantinya armada bus tersebut bisa mengambil penumpang dari terminal,” pungkasnya. (Kominfo/fdl)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *