Kebersihan Arena Pasar Malam Tak Bisa Hanya Andalkan Petugas

By on May 29, 2019 at 12:27 pm 0 82 Views

PRODUKSI sampah di Aloon-Aloon Ponorogo mengalami peningkatan sejak Pasar Malam Ponorogo dimulai pada Sabtu, 25 Mei lalu. Namun sayangnya, sejumlah tong sampah yang disediakan justru hilang tanpa bekas.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ponorogo Sapto Djatmiko, Rabu (29/5/2019) mengatakan, begitu pasar malam dimulai, sudah terlihat jumlah sampah sudah bertambah tiap harinya. Memang belum ada catatan jumlah timbulan sampah perhari dari kegiatan ekonomi ini. Tapi yang jelas sudah jauh di atas hari-hari biasa.

Sejumlah tong sampah di arena Pasar Malam Aloon-Aloon Ponorogo disediakan untuk menampung sampah yang muncul dari kegiatan ini.

Karenanya, pihaknya sudah menambah delapan set tong sampah. “Tujuannya agar sampah tidak berceceran. Jumlah totalnya tentu ada belasan tong sampah. Tapi kemarin setelah ada penambahan dan Pasar Malam Aloon-Aloon mulai, tiba-tiba tinggal lima set saja. Yang lainnya entah ke mana, kami tidak tahu,” ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya menghimbau agar semua pihak dalam kegiatan ini turut menjaga keutuhan peralatan yang ada di Aloon-Aloon Ponorogo. Termasuk di antaranya tong-tong sampah sebagai tampungan sementara sampah yang ada.

“Kita sudah sepakat dengan para pedagang untuk ikut menjaga kebersihan kawasan pasar malam. Semua saja. Bahkan sepakat agar tiap lapak menjaga kebersihan lingkungan lapaknya masing-masing. Sampahnya dikumpulkan dalam satu wadah biar petugas kami lebih mudah dan cepat dalam memungutnya nanti,” cetusnya.

Sejumlah tong sampah di arena Pasar Malam Aloon-Aloon Ponorogo disediakan untuk menampung sampah yang muncul dari kegiatan ini.

“Mengapa begitu, jumlah petugas kami ini terbatas. Maka semua pihak kita minta untuk turut menjaga kebersihan. Juga menjaga keutuhan tong-tong sampah kita,” ungkapnya.

Pasar Malam Aloon-Aloon Ponorogo dalam rangka lebaran kali ini akan berlangsung mulai 25 Mei dan akan berakhir pada 15 Juni mendatang. Hampir 700 pedagang meramaikan kawasan ini. Berbagai barang dagangan, hiburan dan wahan permainan disediakan. Jadi tunggu apa lagi, Ayo ke Ponorogo! (kominfo/dist)

  News
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *